Langsung ke konten utama

RESEP KLEPON MUDAH DAN ENAK DAPUR H2

Masya Allah semenjak menjadi pedagang Nasi Uduk Betawi Dapur H2 di depan jalan rumah sejak Agustus 2021 lalu, MamaWie dituntut untuk berinovasi terus dan terus agar para pelanggan setia tidak bosan. Salah satunya dengan menghadirkan Nasi Kuning juga beberapa bulan belakangan ini. Selain itu juga aku juga membuat aneka cemilan mulai dari gorengan, bubur sumsum, bubur kacang hijau sampe kolak pisang (berasa bulan puasa).

Alhamdulillah hari ini MamaWie lagi mau buat klepon, makanan favorit aku yang susah ditemuin nya, sekalipun ketemu penjual klepon nya agak keras tidak sesuai dengan selera MamaWie. Aku tuh sekarang jauh lebih suka buat makanan favorit sendiri di rumah daripada harus beli. Selain hemat pastinya aku juga bisa buat sesuai selera dan pastinya bahan yang dipakai aman apalagi buat konsumsi sendiri dan anak-anak.

Pic : instagram

Cara buat klepon tuh termasuk mudah hanya saja kita harus mengetahui takaran yang pas biar bisa dibentuk bulat dan gula merahnya tidak keluar saat nanti klepon nya di rebus. MamaWie sedikit ingin berbagi resep klepon disini, siapa tahu bermanfaat bagi kalian yang ingin buat juga untuk cemilan keluarga di rumah.

Bahan :

  • 300 gram tepung ketan
  • Air endapan pandan yang diblender / pasta pandan secukupnya
  • ½ sdt garam
  • Air secukupnya kurang lebih 300ml (sesuaikan agar adonan kalis dan bisa dibentuk)
  • 100 gram gula merah (untuk isian klepon)
  • Kelapa parut sedang secukupnya, disangrai sebentar saja tambahkan sedikit garam

Cara membuatnya :

  • Taruh di dalam wadah tepung ketan, garam, beri air sedikit demi sedikit, aduk dengan tangan atau spatula hingga adonan bisa dibentuk dan tidak lengket
  • Ambil sedikit adonan, bulatkan, taruh ditelapak tangan, pipihkan dan isi dengan gula merah yang sudah dipotong kecil
  •  Bungkus perlahan lalu bulatkan kembali
  • Letakkan dipiring, lakukan hingga adonan habis
  • Rebus air di panci hingga mendidih
  • Setelah mendidih masukkan satu persatu klepon
  • Masak hingga mengembang ke atas/sampai matang
  • Tiriskan
  • Balurkan ke parutan kelapa yang sudah disangrai
  • Klepon siap disajikan

Mudah dan gampang bukan, bahannya pun bisa di dapat dengan mudah, yuk coba buat sendiri di rumah karena kalau ibu yang buat tuh klepon nya jauh lebih enak karena dibuat nya dengan tambahan CINTA. Hehehe

Sebenarnya saat ini tuh kita bisa buat makanan apa saja, semua sudah ada resepnya di sosial media hanya saja kadang rasa malas yang luar biasa yang belum bisa kita kendalikan. MamaWie juga begitu, kadang niat mah udah ada, searching resep sudah dari beberapa bulan lalu tapi praktek nya masih nanti-nanti. Ada yang sama kah??? Jangan ditiru yah, sebaiknya sih klo sudah ada niat, sudah ada resepnya juga langsung bergerak eksekusi. Ada kepuasan tersendiri kalau kita berhasil membuat masakan yang baru pertama kali kita buat apalagi kalau keluarga pada suka dan lahap makan nya, jadi pengen terus berkreasi buat apalagi gitu buat cemilan keluarga di rumah.

1 pak isi 3 klepon 

Bismillah semoga hari ini klepon yang MamaWie buat laku terjual semua dan para konsumen suka dengan rasanya. Aamiin. 1 pak klepon isi 3 yang gendut-gendut harga nya cuna 3.000 rupiah. Siapa yang mau? Bisa buka PO juga nih buat acara arisan, pengajian dan lainnya. Semoga resep klepon MamaWie bermanfaat buat yang baca dan mau buat juga, kalau nanti ada yang buat colek MamaWie yah, insyaallah dengan resep ini berhasil menjadi kue klepon yang enak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FINEXPO BIK 2021 PRUDENTIAL INDONESIA

Setuju kah kalau MamaWie bilang ibu itu menteri keuangan dalam keluarga? Bagaimana tidak karena seorang ibu bisa mengatur keuangan keluarga dalam satu bulan, mulai dari memilah mana kebutuhan utama mana kebutuhan sekunder. Maka dari itu penting nya para ibu belajar cara tepat mengelola keuangan yang baik dalam keluarga. MamaWie sendiri berasa belum menjadi menteri keuangan yang baik untuk keluarga karena masih suka membeli sesuatu yang belum menjadi kebutuhan, belum punya tabungan, belum punya dana darurat dan bahkan yang tidak kalah penting MamaWie belum memiliki asuransi kesehatan untuk keluarga. Saat ini kami masih mengandalkan BPJS Kesehatan, mengapa? Karena kami masih belum bisa memilih asuransi kesehatan apa yang tepat untuk keluarga kami. Abank Haidar ketika operasi cabut pen Padahal MamaWie sendiri menyadari bahwa asuransi kesehatan sangat penting apalagi ketika ada keluarga yang sakit dan membutuhkan penanganan medis secara cepat dan tepat. Karena kalau menggunakan BPJS Kese

9AAE FRISIAN FLAG PRIMAGROW CEGAH STUNTING PADA ANAK

Sebagai ibu pasti sedih kalau buah hatinya selalu dibandingkan dengan buah hati orang ,ain begitupun dengan MamaWie. Seperti Humaira 24 bulan yang selalu di bilang lebih kurus, pendek dibandingkan dengan sepupunya yang hanya berbeda 3 bulan jarak kelahirannya, Humaira lahir bulan Juli sedangkan sepupunya lahir bulan Oktober. Memang sepupu Humaira yang berjenis kelamin laki-laki ini jauh lebih besar dan tinggi tubuhnya sehingga itu yang membuat Humaira dibilang kurang gizi dan harus konsultasi ke dokter anak dan lain-lain. Humaira  Tapi ketika MamaWie melihat pertumbuhan dan perkembangan Haira nama panggilan anak perempuan ini cukup baik dan ada penambahan walaupun tidak terlalu signifikan membuat MamaWie lega kalau Haira tuh tumbuh wajar sesuai dengan usianya karena memang saat lahirpun anak perempuan yang sudah bisa makan sendiri ini berat badan dan tinggi badan nya normal tidak terlalu besar. Bahkan aku pun sudah konsultasi ke dokter dan Alhamdulillah Haira tumbuh dengan normal jad

RE-RICE MEMBUAT BERAS HIDUP DAN SEHAT

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Hampir sebagian besar orang Indonesia mengkonsumsi nasi. Bahkan banyak orang yang beranggapan kalau belum makan nasi perut belum kenyang padahal itu hanya sugesti kita aja kali yah. Nasi berawal dari beras dan beras yang baik akan menghasilkan nasi yang baik pula untuk kesehatan tubuh kita. Karena kesehatan di awali dengan apa yang kita konsumsi. Belakangan ini marak sekali beras yang tidak baik di jual di pasaran. Mulai dari beras yang pakai pemutih dan bahan berbahaya lain nya. Harga beras akhir-akhir ini sangat tinggi sehingga membuat para produsen mengakali nya dengan mencampur bahan berbahaya agar tetap mendapatkan untung yang besar tanpa memikirkan kesehatan para konsumen nya. Sebagai ibu peran kita sangat penting untuk menjaga kesehatan keluarga kita karena kita yang biasa membeli dan memilih beras serta makanan lain nya untuk keluarga kita. Beras digiling dengan Re-Rice dan Beras yang kita bawa dari rumah Sebagai ibu kita