Langsung ke konten utama

PELAYANAN BPJS KESEHATAN MAKIN MUDAH BAGI PESERTANYA

Qadarullah Sabtu, 26 Maret 2022 pukul 01.00 dini hari PapaNtonk suamiku merasakan sakit perut yang luar biasa, sampai harus membangunkan aku dari tidur. Karena sakit perut sampai bagian belakang sudah tidak bisa tertahan akhirnya aku memutuskan untuk membawa laki-laki yang suka minum kopi ini ke rumah sakit. Dengan menghubungi kakak ipar akhirnya baba (bapak mertua) aku beserta kakak ipar datang, kami (aku, pak suami dan bapak mertua) langsung menuju IGD salah satu rumah sakit swasta di alexindo, sedangkan kakak ipar membawa anak-anak Haidar (9tahun) Haira (2tahun) ke rumah baba karena di rumah kami tidak ada orang.

Singkat cerita begitu sampai IGD Rs suamiku di periksa serta diberikan infus plus obat injection untuk mengurangi rasa sakitnya. Setelah itu papantonk langsung di ambil darah untuk periksa laboratorium kenapa penyebab sakit perutnya ini, kalau usus buntu kan kayaknya tidak mungkin karena laki-laki yang tidak pernah merokok ini sudah pernah operasi usus buntu. Sementara suamiku diperiksa aku segera daftar ke bagian pendaftaran, kami menggunakan BPJS Kesehatan untuk biaya pengobatan nya karena memang dari perusahaan suami diwajibkan seluruh karyawan nya menggunakan BPJS Kesehatan yang iuran nya di potong dari uang gaji. Alhamdulillah proses pendaftaran sangat cepat dan mudah walaupun aku tidak membawa kartu BPJS Kesehatan pak suami. Daftarnya sendiri melalu Mobile JKN yang sudah aku download di smartphone.

Mobile JKN yang ada di smartphone MamaWie 

Setelah selesai mendaftar aku kembali ke IGD menemani pak suami, sekitar pukul 04.00 hasil lab keluar dan ternyata leukosit suamiku terbilang tinggi mencapai 17.000 jadi harus di rawat inap 2-3 hari ke depan guna pemeriksaan lebih lanjut. Singkat cerita setelah melakukan serangkaian pemeriksaan mulai dari periksa darah, rontgen sampai ke USG ternyata penyebab sakit perut pak suami tuh karena adanya lemak di liver. Setelah diberikan obat serta perawatan intensif akhirnya kemarin Senin, 28 Maret 2022 laki-laki yang hobi mancing ini diperbolehkan pulang dari rumah sakit dengan syarat harus melakukan kontrol/rawat jalan ke depan nya. Alhamdulillah lega rasanya mendengar suamiku baik-baik saja dan diperbolehkan rawat jalan karena kalau rawat inap pikiran aku bercabang, bingung anak-anak di rumah, walaupun anak-anak senang aku titipkan di rumah nenek kakeknya.

Walaupun di rumah sakit nyaman, fasilitas serta pelayanan nya ramah tapi tetap saja lebih enak sehat di rumah. Yes rumah sakit swasta yang kemarin merawat pak suami bener-benar juara pelayanan nya. Walaupun kami menggunakan BPJS Kesehatan tapi tidak ada perbedaan dengan pribadi. Sekarang BPJS Kesehatan jauh lebih baik dan mudah, bahkan sejak pandemi pelayanan JKN-KIS bisa melalui online.

Acara Ngopi Bareng, dok : grup wa 

Seperti hari ini Selasa, 29 Maret 2022 MamaWie makin bangga dengan kemudahan layanan BPJS Kesehatan di acara Ngopi Bareng Blogger 2022 dengan tema “Inovasi BPJS Kesehatan bagi Kemudahan Pelayanan Peserta”. Acara yang diselenggarakan di Cerita Cafe ini membahas tentang layanan JKN-KIS ada 2 macam, yaitu :

  1. Layanan Tatap Muka
  2. Layanan Tanpa Tatap Muka

Untuk layanan Tatap Muka sendiri :

  • Kantor cabang – kantor kab/kota
  • Mobile customer service
  • Mal pelayanan publik
  • PIPP Faskes (FKRTL & FKTP)

Layanan Tanpa Tatap Muka :

  • Mobile JKN
  • Lapor!
  • Chatbot Interaktif (CHIKA) 08118750400
  • Pandawa 08118165165
  • Website
  • Care Center 165
  • Media Sosial BPJS Kesehatan
    Pak Irfan Humaidi
    Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta 

Bahkan selama pandemi layanan JKN – KIS lebih banyak dilakukan tanpa tatap muka. Salah satunya MamaWie yang menggunakan layanan Mobile JKN karena disini semua sudah lengkap, mulai dari pendaftaran, rujukan online, perubahan data, melihat ketersediaan kamar sampai pendaftaran peserta baru atau pengurangan peserta. Selain Mobile JKN, bisa juga menggunakan PANDAWA (Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp). Layanan PANDAWA sendiri terdiri dari :

  • Pendaftaran Baru
  • Penambahan Anggota Keluarga
  • Pindah Jenis Kepesertaan Pekerja Penerima Upah (PPU) Non Aktif menjadi PBPU
  • Pengaktifan Kembali Kartu
  • Perubahan/Perbaikan Data
  • Perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)
  • Pengurangan Anggota Keluarga
  • Perubahan Kelas Rawat Bagi Peserta Yang Belum Membayar Iuran Pertama

Untuk Care Center 165 jenis layanan nya sendiri :

  • Layanan VIKA (Voice Interactive JKN) : cek status peserta, cek tagihan iuran
  • Perubahan/Mutasi Data Peserta antara lain : perubahan data faskes, perubahan kelas perawatan, perubahan data nomor HP untuk login ke Mobile JKN, dan perubahan NPWP, e-mail dan alamat domisili
  • Informasi dan penyampaian pengaduan langsung terkait program jaminan kesehatan
  • Layanan informasi bagi badan usaha
  • Informasi dan pengaduan langsung melalui media sosial

Sedangkan layanan CHIKA sendiri terdiri ;

  • Cek Status Peserta
  • Cek Status Tagihan Iuran
  • Skrining Kesehatan
  • Tutorial Aplikasi Mobile JKN
  • Panduan Layanan
  • Layanan PANDAWA
  • Cari Lokasi (lokasi fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan Kantor BPJS Kesehatan)

Ada juga website BPJS Kesehatan yang dapat diakses secar public oleh peserta atau calon peserta BPJS Kesehatan. Layanan pada website BPJS Kesehatan meliputi :

  • Informasi dan pengaduan
  • Pendaftaran badan usaha
  • Pendaftaran autodebit
  • Pengecekan fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan
  • Pengecekan alamat kantor BPJS Kesehatan
  • Skrining Kesehatan
  • Program Donasi
  • Whistleblowing System (Pelaporan Pelanggaran Pegawai)

Jangan lupa ikuti juga media sosial BPJS Kesehatan mulai dari Instagram, Facebook sampai Twitter untuk mendapatkan informasi terbaru lainnya. Setelah kita bicarakan Layanan Tanpa Tatap Muka sekarang kita ulas Layanan Tatap Muka. Layanan Administrasi diutamakan untuk kelompok peserta :

  1. Penerima Bantuan Iuran (PBI)
  2. PBPU/BP Kelas 3
  3. Bukan Pekerja (BP) Penyelenggara Negara
  4. PBPU/BP dengan pelayanan di ruang perawatan kelas III yang Iurannya dibayarkan oleh Pemerintah Daerah

Dan untuk Pelayanan PIP P diutamakan untuk layanan :

  1. Pelayanan Pengaduan yang harus segera di Tindak Lanjut (Hard Complain)
  2. Pelayanan Pengaduan dari : Pekerja yang belum / tidak didaftarkan oleh pemberi kerja, pengaktifan pekerja dengan jaminan Paska PHK

Di setiap rumah sakit pun ada BPJS SATU (Siap Membantu) yang bertugas

  • Melaksanakan fungsi pemberian informasi dan penanganan pengaduan peserta di Rumah Sakit
  • Melakukan customer visit sekaligus meminta feedback kepuasan peserta melalui kuesioner survei berbasis digital yang dilakukan dengan metode sampling
  • Memastikan data ketersediaan tempat tidur yang ditampilkan sesuai dengan kondisi terkini dan terupdate secara realtime dengan data aplicares maupun Mobile JKN
  • Memastikan pelaksanaan pencatatan pemberian informasi dan penanganan pengaduan
  • Berkoordinasi dengan PIC Petugas PIPP RS terkait dengan pelaksanaan pemberian informasi dan penanganan pengaduan peserta
  • Memastikan pelaksanaan layanan pendaftaran bayi baru lahir (BBL) dan perhitungan denda layanan Peserta di Rumah Sakit

Mudah banget kan sekarang untuk para peserta JKN – KIS, kalaupun kartu JKN – KIS hilang bisa menggunakan NIK untuk mendaftar layanan kesehatan karena data kita sudah ada disana tapi apabila tetap ingin mencetak kartu bisa lewat Mobile JKN. Semua dilakukan agar masyarakat Indonesia makin mudah sebagai peserta JKN KIS yang sudah memasuki hampir 86% menjadi peserta BPJS Kesehatan yang aktif salah satunya MamaWie dan keluarga. Kalian sudah jadi peserta JKN KIS juga kan? Dan pastikan status kepesertaan nya aktif yah….

Komentar

  1. Kerenn tulisannya mba Dewi

    BalasHapus
  2. Wahh lengkap banget ini informasi nya. Makasihh mba

    BalasHapus
  3. kalo ngga baca ini, ngga akan ngeh fitur2 bpjs selengkap ini :D saya ngalamin manfaat bpjs waktu 2019 kena covid. dari proses pcr di puskesmas sampe cek in di wisma atlet ngga ribet. Makasih artikelnya :)

    BalasHapus
  4. Bener banget sekarang BPJS kesehatan lebih baik pelayanannya. Waktu aku operasi gigi saja semuanya full ditanggung BPJS.

    BalasHapus
  5. Waah jodoh banget ketrmu artikel ini karena kebetulan aku mau pindah faskes. Kirian ribet hehe ternyata simple ya

    BalasHapus
  6. Syukurlah
    Semoga semakin baik ke depannya
    Dan kian banyak masyarakat yg terbantu, sampai saat ini sudah cukup banyak yg teebantu dan merasakan manfaatnya

    BalasHapus
  7. Halo kak Sadewi. Bener nih BPJS membantu banget saat ayah dirawat di RS tahun lalu.Kalau tidak pakai BPJS biayanya pasti sangat besar. Salam hangat kak.
    @depus

    BalasHapus
  8. Aku juga sudah merasakan kemudahan yang diberikan BPJS loh Sadewi. Beberapa waktu yang lalu putriku operasi usus buntu di RS.Hermina Depok. Wow...puas banget pelayanannya. Dokter dan perawatnya ramah & care.Top deh BPJS

    BalasHapus
  9. Semoga BPJS semakin baik dan meningkatkan kualitas pelayanannya, karena saya pun termasuk anggota BPJS Kesehatan. Merasakan byk manfaat dari BPJS Kesehatan.

    BalasHapus
  10. Makin bagus ya pelayanan BPJS kesehatan ini. Pas banget nih aku mau tanya tentang BPJS Kesehatan waktu kerja kantoran apakah bisa di cairkan apa gimana ya Mba?

    BalasHapus
  11. Pelayanan BPJS sekarang sudah lebih baik, semoga bisa diintegrasikan dengan teknologi digital untuk ssemakin memudahkan bagi pasien maupun bagi faskesnya yaaa karena sangat membantu banget nih

    BalasHapus
  12. beruntung ya pelayanan BPJS Kesehatan semakin baik, mudah dan gampang dijangkau masyarakat, aku pun punya pengalaman menyenangkan saat BPJS Kesehatan bisa membantu biaya operasi mata bapak sekaligus rawat inap, buat mamakku pun demikian, rawat inap ditanggung BPJS Kesehatan

    BalasHapus
  13. Jadi ingat tetangga belakang rumah cerita ,kan pasca kena covid, kena stroke ringan , alhamdulillah biaya rumah sakit tercover dengan adanya BPJS

    BalasHapus
  14. Sehat-sehat buat papah Haidar Haura ya. Sekarang kebantu banget ya sama BPJS. Mau berobat sekarang ngga perlu bingung. Semoga makin banyak rumah sakit atau klinik yang menerima dan memperlakukan pasien BPJS layaknya pasien biasa.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FINEXPO BIK 2021 PRUDENTIAL INDONESIA

Setuju kah kalau MamaWie bilang ibu itu menteri keuangan dalam keluarga? Bagaimana tidak karena seorang ibu bisa mengatur keuangan keluarga dalam satu bulan, mulai dari memilah mana kebutuhan utama mana kebutuhan sekunder. Maka dari itu penting nya para ibu belajar cara tepat mengelola keuangan yang baik dalam keluarga. MamaWie sendiri berasa belum menjadi menteri keuangan yang baik untuk keluarga karena masih suka membeli sesuatu yang belum menjadi kebutuhan, belum punya tabungan, belum punya dana darurat dan bahkan yang tidak kalah penting MamaWie belum memiliki asuransi kesehatan untuk keluarga. Saat ini kami masih mengandalkan BPJS Kesehatan, mengapa? Karena kami masih belum bisa memilih asuransi kesehatan apa yang tepat untuk keluarga kami. Abank Haidar ketika operasi cabut pen Padahal MamaWie sendiri menyadari bahwa asuransi kesehatan sangat penting apalagi ketika ada keluarga yang sakit dan membutuhkan penanganan medis secara cepat dan tepat. Karena kalau menggunakan BPJS Kese

9AAE FRISIAN FLAG PRIMAGROW CEGAH STUNTING PADA ANAK

Sebagai ibu pasti sedih kalau buah hatinya selalu dibandingkan dengan buah hati orang ,ain begitupun dengan MamaWie. Seperti Humaira 24 bulan yang selalu di bilang lebih kurus, pendek dibandingkan dengan sepupunya yang hanya berbeda 3 bulan jarak kelahirannya, Humaira lahir bulan Juli sedangkan sepupunya lahir bulan Oktober. Memang sepupu Humaira yang berjenis kelamin laki-laki ini jauh lebih besar dan tinggi tubuhnya sehingga itu yang membuat Humaira dibilang kurang gizi dan harus konsultasi ke dokter anak dan lain-lain. Humaira  Tapi ketika MamaWie melihat pertumbuhan dan perkembangan Haira nama panggilan anak perempuan ini cukup baik dan ada penambahan walaupun tidak terlalu signifikan membuat MamaWie lega kalau Haira tuh tumbuh wajar sesuai dengan usianya karena memang saat lahirpun anak perempuan yang sudah bisa makan sendiri ini berat badan dan tinggi badan nya normal tidak terlalu besar. Bahkan aku pun sudah konsultasi ke dokter dan Alhamdulillah Haira tumbuh dengan normal jad

KESALAHAN AKU DI MASA LALU

Malam ini aku lagi tidak bisa tidur. Tidak tau kenapa hati dan pikiran tuh lagi kepikiran tentang masa lalu. Masa lalu dimana aku pernah kehilangan malaikat kecilku. Awalnya aku seorang wanita karier tapi semua itu aku lepas demi si kecil. Pengalaman adalah guru yang paling berharga, mungkin kata-kata itu tepat buat aku. Setelah kehilangan anak pertama aku M. Rafa Ramadhan aku lebih award kepada diri aku sendiri dan keluarga. Sebagai seorang wanita aku sangat bersyukur karena tidak lama setelah menikah aku langsung di berikan kepercayaan untuk menjadi ibu. Walaupun itu tidak lama, aku hanya diberikan waktu 10hari untuk mengurus Rafa karena pemilik Rafa lebih sayang kepadanya jadi Rafa di panggil lagi oleh sang khalik. Di saat hamil Rafa Semua itu mungkin karena kesalahan aku dan keegoisan aku. Selama hamil Rafa aku terlalu sibuk dan cuek. Padahal dari awal kehamilan aku sudah diberikan tanda-tanda tapi aku kok yah cuek aja. Misalnya dari awal hamil Rafa aku selalu ngeflek dan