Langsung ke konten utama

TOKIO MARINE "BIJAK MEMILIH ASURANSI YANG TEPAT DAN AMAN"

Minggu, 21 Februari 2021 kemarin hatiku hancur, seperti kehilangan arah begitu tahu anak laki-laki yang suka main bola ini divonis oleh dokter kalau lengan nya patah dan harus operasi hari itu juga. Seperti tertimpa sesuatu yang membuat aku tidak semangat hidup, tidak bisa dibayangkan anak sekecil itu harus masuk ruang operasi dan harus di operasi tangan kanan nya. Sedih, nangis sampai tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata tapi aku harus kuat karena aku percaya anak laki-laki yang dekat sekali dengan papanya ini juga akan kuat menjalani ujian ini.

Di RS saat menunggu operasi

Dengan Bismillah aku mendampingi anak laki-laki yang suka makan tempe ini dengan menguatkan hati, tenaga dan pikiran agar di depannya aku tidak boleh menangis. Karena masih memiliki anak usia 19bulan sehingga membuatku tidak bisa mendampingi setiap saat di rumah sakit. Beruntungnya aku memiliki suami dan keluarga yang selalu mensupport jadi kita bisa bergiliran menjaga abank Haidar di rumah sakit. Alhamdulillah operasi berjalan lancar walaupun banyak drama yang terjadi, abank jadi jauh lebih kolokan dang “cengeng” mungkin karena memang dia merasakan sakit.

Ditemani nenek di RS

Untuk masalah biaya semua di tanggung BPJS Kesehatan karena memang dari perusahaan papanya. Singkat cerita semua berjalan lancar dana bank kontrol pertama masih bisa pake BPJS Kesehatan di rumah sakit yang operasi pertama kali tapi ketika control kedua karena sistem BPJS Kesehatan berjenjang dan kebetulan Rumah Sakit yang operasi abank adalah type B jadi kita harus minta rujukan terlebih dahulu ke klinik, rumah sakit type C baru bisa ke rumah sakit yang operasi abank.

Lelah waktu dan tenaga karena untuk meminta rujukan saja hampir menghabiskan waktu seharian penuh. Sampe MamaWie berfikir kalau sehat itu mahal dan ingin memiliki asuransi kesehatan lain selain BPJS Kesehatan dari perusahaan pak suami, untuk memudahkan kita kalau sedang berobat ke rumah sakit, karena kalau kita sedang sakit dan berobat nya aja ngantri sampe seharian, bukan nya sembuh malah makin sakit kepala.


Langsung aku coba mencari asuransi apa yang tepat untuk keluarga kecilku, karena aku ingin yang terbaik untuk mereka. Bahagia nya saat sedang mencari asuransi MamaWie bisa ikutan Webinar yang dilaksanakan hari Rabu, 28 April 2021 oleh Tokio Marine dengan tema “Bijak Memilih Asuransi yang Tepat dan Aman” dengan beberapa pembicara, yaitu :

  1. Adrian Maulana – Senior Vice President Schroders Indonesia
  2. Tri Djoko Santoso – Ketua Financial Planning Standards Board Indonesia
  3. Muhammad Irsan – Head of Agency Training & Manpower Development Tokio Marine Life Insurance Indonesia

Memilih asuransi memang tidak semudah memilih baju untuk dipakai karena asuransi untuk jangka waktu panjang. Karena kalau kita salah memilih asuransi kita akan mendapatkan kerugian apalagi kalau asuransi nya dikaitkan dengan investasi. Bahkan menurut data dari Survei Nasional Literasi Keuangan yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2019 yang menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan di Indonesia khususnya di sektor asuransi jiwa masih rendah. Persisnya, Indeks Literasi Asuransi hanya 19,4% lebih rendah dari Indeks Literasi Perbankan yang mencapai 36,12%.

Masyarakat Indonesia masih sangat rendah memahami pentingnya asuransi jiwa sehingga diperlukan sosialisasi dan edukasi. Muhammad Irsan, Head of Agency Training & Manpower Development, PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia menerangkan “Perusahaan asuransi juga sudah seharusnya memastikan bahwa para tenaga pemasarnya telah tersertifikasi dan memiliki pengetahuan produk yang dijual sesuai aturan yang berlaku. Di Tokio Marine Life Insurance Indonesia, kami mempunyai program pelatihan berkala untuk para tenaga pemasar bahkan kami secara khusus juga mengundang trainer profesional untuk memberikan program pelatihan yang komprehensif sebagai bekal para tenaga pemasar kami agar mereka dapat menjual produk dengan cara yang benar.”

Adapun Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Financial Planning Standards Board Indonesia (LSPFPSB) Tri Djoko Santoso mengungkapkan, polis asuransi jiwa fungsi utamanya adalah proteksi keuangan menyeluruh, yaitu melindungi keuangan keluarga karena hilang atau berkurangnya penghasilan (income protection) dan kekayaan (wealth protection) seorang pencari nafkah atau pemilik kekayaan, karena sebab meninggal, kecelakaan, sakit dan cacat. “Dalam perencanaan keuangan, polis asuransi jiwa memiliki peran sangat penting bagi keluarga dari sejak seorang mulai bekerja (income and debt protection), menikah, memiliki anak sampai meninggal (warisan),” ungkap Tri Djoko.

“Perlu diingat, seiring berjalan nya waktu, premi proteksi asuransi akan terus meningkat seiring bertambahnya usia, inflasi dan jenis proteksi. Premi nilai tunai salah satunya manfaat untuk membantu membayar kenaikan premi asuransi, selain itu, premi nilai tunai dapat memberi manfaat-manfaat tabungan dan investasi lainnya,” papar Tri Djoko.

Senior Vice President PT Schroders Investment Management Indonesia Adrian Maulana mengungkapkan, dalam hal berinvestasi, calon investor atau pemegang polis harus lebih dahulu mengenal produk investasi dan profil risiko dari nasabah. “Sebabnya, tingkat risiko dari setiap jenis instrument investasi itu berbeda-beda dan disesuaikan dengan profil risiko nasabah. Di sisi lain, peran perusahaan asuransi juga perlu untuk memberikan edukasi kepada calon investor atau pemegang polis, karena mereka mempunyai hak untuk berinvestasi sesuai dengan profil risikonya. Kedua unsur ini sangat penting agar tidak muncul dispute di kemudian hari,” jelas Adrian dalam sesi webinar tadi.

Irsan lebih lanjut memaparkan sejumlah indikator yang dapat menjadi panduan calon nasabah dalam memilih produk dan perusahaan asuransi, yaitu :

  1. Pertama : Pilih perusahaan asuransi yang memiliki proses pemantauan kepatuhan terhadap peraturan yang ketat, memiliki tata kelola perusahaan yang baik dan terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan asuransi yang terpercaya mampu memberikan informasi yang transparan dan mudah di akses.
  2. Kedua : Pastikan tenaga pemasar terdaftar dan memiliki sertifikasi keagenan dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

“Selanjutnya, pastikan telah mendapatkan penjelasan dengan lengkap dari tenaga pemasar dan nasabah telah memahami produk asuransi jiwa yang akan dibeli. Serta tak lupa manfaatkan waktu untuk mempelajari polis asuransi jiwa dengan baik pada masa mempelajari polis asuransi (free look period),” terang Irsan.

Tokio Marine Life Insurance Indonesia sebagai perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar di OJK  dan berkomitmen kuat dalam membangun industri asuransi yang terpercaya terus  beradaptasi dengan masa pandemic ini. Karena itu, Tokio Marine Life Insurance Indonesia berinovasi melakukan pengembangan aplikasi Activity Management System (AMS) untuk penjualan Non Face to Face (NF2F). Tujuan dari AMS NF2F ini adalah untuk menjadikan para tenaga pemasar sebagai kepanjangan tangan Tokio Marine Insurance Indonesia dalam membantu masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan asuransinya tanpa risiko tertular virus Covid-19.

Bahkan aplikasi AMS NF2F ini juga mendukung  para tenaga pemasar Tokio Marine Insurance Indonesia dalam mencapai targetnya, yaitu :

  • Memantau aktivitas penjualan,
  • Melakukan pengisian SPAJ secara daring,
  • Proses approval di Underwriting hingga polis terbit dan diterima oleh nasabah.

Menurut Irsan, “Harapannya melalui AMS NF2F ini, para tenaga pemasar tetap semangat untuk mencapai target dan calon nasabah pun merasa lebih aman serta nyaman berinteraksi dengan agennya walau di masa pandemi.” “Tokio Marine Insurance Indonesia juga secara rutin melakukan literasi finansial, seperti acara hari ini yang juga merupakan bagian dari program literasi finansial kami,” tutup Irsan.

Jadi pengen tahu lebih dalam tentang asuransi Tokio Marine Insurance Indonesia yang sudah ada sejak tahun 2012 lalu. Siapa tahu cocok menjadi asuransi jiwa untuk aku dan keluarga. Dan setelah ikut webinar hari ini MamaWie jadi makin paham tentang penting nya asuransi jiwa untuk keluarga. Thank you Tokio Marine Insurance Indonesia telah memberikan edukasi yang sangat bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RE-RICE MEMBUAT BERAS HIDUP DAN SEHAT

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Hampir sebagian besar orang Indonesia mengkonsumsi nasi. Bahkan banyak orang yang beranggapan kalau belum makan nasi perut belum kenyang padahal itu hanya sugesti kita aja kali yah. Nasi berawal dari beras dan beras yang baik akan menghasilkan nasi yang baik pula untuk kesehatan tubuh kita. Karena kesehatan di awali dengan apa yang kita konsumsi. Belakangan ini marak sekali beras yang tidak baik di jual di pasaran. Mulai dari beras yang pakai pemutih dan bahan berbahaya lain nya. Harga beras akhir-akhir ini sangat tinggi sehingga membuat para produsen mengakali nya dengan mencampur bahan berbahaya agar tetap mendapatkan untung yang besar tanpa memikirkan kesehatan para konsumen nya. Sebagai ibu peran kita sangat penting untuk menjaga kesehatan keluarga kita karena kita yang biasa membeli dan memilih beras serta makanan lain nya untuk keluarga kita. Beras digiling dengan Re-Rice dan Beras yang kita bawa dari rumah Sebagai ibu kita

KESALAHAN AKU DI MASA LALU

Malam ini aku lagi tidak bisa tidur. Tidak tau kenapa hati dan pikiran tuh lagi kepikiran tentang masa lalu. Masa lalu dimana aku pernah kehilangan malaikat kecilku. Awalnya aku seorang wanita karier tapi semua itu aku lepas demi si kecil. Pengalaman adalah guru yang paling berharga, mungkin kata-kata itu tepat buat aku. Setelah kehilangan anak pertama aku M. Rafa Ramadhan aku lebih award kepada diri aku sendiri dan keluarga. Sebagai seorang wanita aku sangat bersyukur karena tidak lama setelah menikah aku langsung di berikan kepercayaan untuk menjadi ibu. Walaupun itu tidak lama, aku hanya diberikan waktu 10hari untuk mengurus Rafa karena pemilik Rafa lebih sayang kepadanya jadi Rafa di panggil lagi oleh sang khalik. Di saat hamil Rafa Semua itu mungkin karena kesalahan aku dan keegoisan aku. Selama hamil Rafa aku terlalu sibuk dan cuek. Padahal dari awal kehamilan aku sudah diberikan tanda-tanda tapi aku kok yah cuek aja. Misalnya dari awal hamil Rafa aku selalu ngeflek dan

MEWUJUDKAN RESOLUSI DI TAHUN 2018 DENGAN OBIDA

Hari-hari berlalu begitu cepat, tidak terasa sudah memasuki penghujung bulan januari tahun 2018 ini. Perasaan baru kemarin saya menjadi seorang ibu, sekarang usia si kecil sudah memasuki 5tahun yang sebentar lagi akan memasuki dunia sekolah. Bersama suami dan si kecil Menjadi seorang istri dan ibu pasti sangat membahagiakan bagi setiap wanita begitupun dengan saya. Awal nya saya adalah anak yang manja dan selalu bergantung pada mama tapi sekarang malah menjadi seorang mama yang justru menjadi tempat ber manja ria bagi makhluk kecil bernama anak. Sejak menjadi seorang ibu, ada banyak perubahan yang terjadi pada saya, mulai dari kebiasaan, sikap hingga sifat saya. Dalam hal konsumsi makanan misalnya, dulu saya tidak suka sayur dan selalu makan sembarangan. Misalnya jajanan di jalan seperti gorengan sudah menjadi makanan favorit saya. Karena gorengan di pinggir jalan itu menurut saya jauh lebih enak dibandingkan dengan gorengan yang saya buat sendiri di rumah. Tetapi setelah me