Langsung ke konten utama

MENJADI ORANG TUA KEBANGGAAN GEN Z

Sebagai orang tua seneng banget pastinya kalau bisa menjadi kebanggaan untuk anaknya, banyak cara yang dilakukan untuk menjadi orang tua kebanggaan anak. Apalagi zaman nya sudah berbeda, bahkan sebaiknya kita didik anak sesuai dengan zaman nya, jangan didik anak sesuai zaman kita. bahagia banget rasanya kalau kita sama anak bisa menjadi “teman” sehingga anak bisa bercerita segala apapun yang dirasakannya tanpa ada rasa canggung.


Menggetahui hal ini MamaWie sabtu kemarin mengikuti event bersama SMA PINTAR Lazuardi yang bertema “KEPOIN KEBIASAAN & GAYA GEN Z” dengan 3 Narasumber yaitu :


Muhammad Ikhsan, Direktur Sekolah Lazuardi Athaillah Makassar

Sonya Sinyanyuri, Kepala SMA PINTAR Lazuardi

Elisa Koraag, Mom’s Blogger

Acara yang sangat bermanfaat ini membahas tentang semua kebiasaan GEN Z dan menurutku semua nya itu benar sekali adanya. Sebagai orang tua di era digital yang banyak sekali tantangan nya ini harus bisa mengikuti arus perkembangan teknologi dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.

Kadang sebagai orang tua MamaWie suka lupa bahwa ‘mendampingi’ anak laki-laki yang sekarang kelas 2SD ini bukanlah berarti ‘memerintah’. Saat pandemi, dimana belajar secara daring  menuntut kita mendampingi anak secara ekstra, disinilah kita diharuskan untuk mau belajar bersama mengenal aplikasi digital. Anak juga membutuhkan orang tua yang update menjelajahi dunia digital sehingga bisa menjadi teman, bukan orang tua yang kudet (kurang update) ketika anak pegang smart phone. Karena smart phone kalau digunakan dengan benar disitu bisa jadi sarana anak untuk belajar, misalnya saja anak laki-laki ku yang hobi makan cokelat ini bisa mencari terjemahan Bahasa inggris melalui smart phone di google apabila ada PR.

Sebagai orang tua kita perlu mengenali gaya komunikasi anak yang terlahir di era digital, seperti apa pola bermain, pola belajar serta pola sosialisasi yang semuanya tidak luput dari teknologi. Generasi Z berkembang dan bertumbuh dalam lingkungan teknologi, sebagai orang tua kita memiliki kontribusi dalam memperkenalkan gadget pada anak, tapi jangan sampai lupa sebagai orang tua kita harus tetap mendampinginya, anak kita akan bangga dengan orang tua yang update bukan kudet jadi bisa berdiskusi dengan anak.

Kadang akupun tahu informasi dari Haidar, misalnya saja dia suka joget-joget nah aku tanya, lagi apa, ternyata katanya abank lagi joget tiktok, sebagai orang tua aku tidak langsung memarahinya tapi aku lihat dan berdiskusi sehingga kita juga bisa buat tiktok barengan dan disitu lah abank anak laki-laki biasa dipanggil ini senang bahkan suka menunjukkan ke teman-teman nya.

Generasi Z memang harus didampingi dan dijadikan teman agar mereka bisa terbuka dengan orang tuanya. Disini akan MamaWie beritahu beberapa Data Tren 10 Profesi Masa Mendatang Yang Diminati Generasi Z, sebagai orang tua kita hanya perlu mendampingi anak mencapai cita-cita mulianya :


  1. DATA ANALISIS
  2. DIGITAL MARKETER
  3. APPLICATION DEVELOPER
  4. PRAKTISI MEDIS
  5. AKUNTAN
  6. SPESIALIS SEO
  7. AHLI LINGKUNGAN
  8. SOFTWARE ENGINEER/DEVELOPER
  9. KONSTRUKSI & TEKNIK
  10. ENTREPRENEUR

Biarkan anak Generasi Z memilih sendiri cita-cita apa yang akan mereka capai, kita sebagai orang tua tugasnya hanya mendampingi dengan memberikan pendidikan yang terbaik, salah satunya dengan disekolahkan di SMA PINTAR LAZUARDI.

SEJARAH SMA PINTAR LAZUARDI

SMA PINTAR LAZUARDI-BLENDED LEARNING HIGH SCHOOL mulai beroperasi sejak tahun 2012-2022 sebagai pengembangan dari sekolah Lazuardi Group.

Sekolah online, khususnya untuk universitas dari SMA, tampaknya akan menjadi trend sekolah alternative yang tak terhindarkan. Lazuardi konsisten akan ikut serta memberikan kontribusi pada sistem pendidikan di negeri kita, dengan menyelenggarakan SMA Blended Learning tanpa meninggalkan kreativitas secara optimum.

Caranya dengan menambahkan aktivitas hands on mandiri siswa lewat project based learning. Juga dukungan Learning Management System (LMS) yang diberi nama pintar.


SMA PINTAR LAZUARDI-BLENDED LEARNING HIGH SCHOOL menggabungkan antara kegiatan tatap muka dan pembelajaran online dengan prosentase pembelajaran online lebih besar. Kegiatan tatap muka akan dilakukan seminggu sekali di sekolah home based. Kegiatan tatap muka difokuskan untuk :

  • Pembentukan karakter,
  • Pengembangan keterampilan sosial,
  • Coaching tentang karir,
  • Kegiatan praktikum yang tidak dapat dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran online

Untuk peserta didik yang berasal dari wilayah yang belum tersedia sekolah home based, kegiatan tatap muka akan digantikan dengan program pengayaan dan coaching yang dilakukan secara online.

KURIKULUM
Kurikulum di SMA Lazuardi mengacu pada kurikulum Nasional yang sedang berlaku diperkaya dengan konten kurikulum dari berbagai negara dan kurikulum keahlian.

VISI : Masyarakat berbudaya luhur berlandaskan kebaikan welas asih, dan kebahagiaan spiritual.

MISI : Menggali dan mengembangkan potensi setiap individu dalam menciptakan perbaikan kehidupan.


LEARNING MANAGEMENT SYSTEM

Pedagogical Intelligence Architecture (PINTAR) adalah sebuah strategi pedagogi (pembelajaran) yang diterapkan melalui sebuah Learning Management System (LMS) online yang memperhatikan keterikatan antara peserta didik dengan proses pembelajaran melalui feedback process.

PINTAR (Pedagogical Intelligence Architecture) adalah LMS pendukung pembelajaran online di SMA Pintar Lazuardi yang didukung oleh aplikasi yang canggih yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

KEUNGGULAN LMS PINTAR

  • MULTIPART berarti materi disampaikan dalam bagian – bagian kecil dan dipilih hanya materi fundamental dari sebuah mata pelajaran. Upaya ini dimaksudkan agar mudah dipahami secara mandiri oleh siswa.
  • FEEDBACK SYSTEM akan memastikan peserta didik terlibat aktif, berinteraksi, saling memberi dan menerima umpan balik (feedback) untuk efektivitas belajar, mengetahui capaian hasil belajar, terbentuknya komunitas belajar, mendokumentasikan portofolio yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.
  • DIFFERENTIATED LEARNING dimulai dengan diagnostic assessment, sehingga dapat memandu learning path yang akan dilalui siswa dari urutan materi dan memungkinkan siswa memiliki tahapan belajar yang berbeda.
  • LEARNING PATH peserta didik akan memiliki jalur/peta untuk mencapai hasil belajar yang sesuai dengan kemampuan dan tujuan pembelajaran.
  • MULTI-FRIENDLY CONTENT materi dan media pembelajaran dikemas dalam beragam bentuk sesuai kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Disajikan sedemikian rupa sehingga mudah dipahami oleh peserta didik.
  • GAMIFICATION pembelajaran online juga mempertimbangkan kesenangan dan keseruan. Ini dilakukan dengan menambahkan unsur games dalam pembelajaran

Jadi penting banget sebagai orang tua kita memilih yang tepat untuk anak Generasi Z dan pastikan kita menjadi orang tua kebanggaan anak dengan mengikuti serta mendampingi anak Generasi Z, dengan menjadi orang tua yang update akan teknologi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RE-RICE MEMBUAT BERAS HIDUP DAN SEHAT

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Hampir sebagian besar orang Indonesia mengkonsumsi nasi. Bahkan banyak orang yang beranggapan kalau belum makan nasi perut belum kenyang padahal itu hanya sugesti kita aja kali yah. Nasi berawal dari beras dan beras yang baik akan menghasilkan nasi yang baik pula untuk kesehatan tubuh kita. Karena kesehatan di awali dengan apa yang kita konsumsi. Belakangan ini marak sekali beras yang tidak baik di jual di pasaran. Mulai dari beras yang pakai pemutih dan bahan berbahaya lain nya. Harga beras akhir-akhir ini sangat tinggi sehingga membuat para produsen mengakali nya dengan mencampur bahan berbahaya agar tetap mendapatkan untung yang besar tanpa memikirkan kesehatan para konsumen nya. Sebagai ibu peran kita sangat penting untuk menjaga kesehatan keluarga kita karena kita yang biasa membeli dan memilih beras serta makanan lain nya untuk keluarga kita. Beras digiling dengan Re-Rice dan Beras yang kita bawa dari rumah Sebagai ibu kita

KESALAHAN AKU DI MASA LALU

Malam ini aku lagi tidak bisa tidur. Tidak tau kenapa hati dan pikiran tuh lagi kepikiran tentang masa lalu. Masa lalu dimana aku pernah kehilangan malaikat kecilku. Awalnya aku seorang wanita karier tapi semua itu aku lepas demi si kecil. Pengalaman adalah guru yang paling berharga, mungkin kata-kata itu tepat buat aku. Setelah kehilangan anak pertama aku M. Rafa Ramadhan aku lebih award kepada diri aku sendiri dan keluarga. Sebagai seorang wanita aku sangat bersyukur karena tidak lama setelah menikah aku langsung di berikan kepercayaan untuk menjadi ibu. Walaupun itu tidak lama, aku hanya diberikan waktu 10hari untuk mengurus Rafa karena pemilik Rafa lebih sayang kepadanya jadi Rafa di panggil lagi oleh sang khalik. Di saat hamil Rafa Semua itu mungkin karena kesalahan aku dan keegoisan aku. Selama hamil Rafa aku terlalu sibuk dan cuek. Padahal dari awal kehamilan aku sudah diberikan tanda-tanda tapi aku kok yah cuek aja. Misalnya dari awal hamil Rafa aku selalu ngeflek dan

MEWUJUDKAN RESOLUSI DI TAHUN 2018 DENGAN OBIDA

Hari-hari berlalu begitu cepat, tidak terasa sudah memasuki penghujung bulan januari tahun 2018 ini. Perasaan baru kemarin saya menjadi seorang ibu, sekarang usia si kecil sudah memasuki 5tahun yang sebentar lagi akan memasuki dunia sekolah. Bersama suami dan si kecil Menjadi seorang istri dan ibu pasti sangat membahagiakan bagi setiap wanita begitupun dengan saya. Awal nya saya adalah anak yang manja dan selalu bergantung pada mama tapi sekarang malah menjadi seorang mama yang justru menjadi tempat ber manja ria bagi makhluk kecil bernama anak. Sejak menjadi seorang ibu, ada banyak perubahan yang terjadi pada saya, mulai dari kebiasaan, sikap hingga sifat saya. Dalam hal konsumsi makanan misalnya, dulu saya tidak suka sayur dan selalu makan sembarangan. Misalnya jajanan di jalan seperti gorengan sudah menjadi makanan favorit saya. Karena gorengan di pinggir jalan itu menurut saya jauh lebih enak dibandingkan dengan gorengan yang saya buat sendiri di rumah. Tetapi setelah me