Langsung ke konten utama

TIPS ATASI SULIT BAB PADA BULAN RAMADAN



Penyakit susah buang air besar atau BAB sudah tidak asing ditelinga kita. Konstipasi dapat diartikan terhambatnya defekasi (buang air besar) dari kebiasaan normal. Menurut North American Society for Pediatric Gastroenterology Hepatology and Nutrition (NAPSGAN) 2006, menyebutkan konstipasi adalah kelambatan atau kesulitan dalam defekasi yang terjadi dalam 2 minggu atau lebih dan cukup membuat pasien menderita.

Secara garis besar penyebab konstipasi atau sembelit yaitu :
  1. Kurang mengkonsumsi makanan berserat
  2. Kurang minum air putih
  3. Terlalu banyak fikiran
Cara mengatasi sembelit:
  1. Perbanyak makan yang berserat
  2. Perbanyak minum air mineral sesuai dengan apa yang dianjurkan
  3. Jauhkan konsumsi terlalu banyak obat
  4. Sebisa mungkin hindari depresi dan stress

Kali ini mama Wie mau sharing gimana caranya atasi susah BAB pada bulan Ramadan versi mama Wie.

  • Mengkonsumsi makanan berserat

Mama Wie membiasakan diri, papa Tonk dan abang Al untuk mengkonsumsi buah-buahan berserat pada saat sahur dan berbuka puasa. Biasanya setelah makan sahur kita sekeluarga mengkonsumsi buah pepaya dan pas berbuka pun sama yang membedakan hanya buah pepayanya mama Wie campur dengan es buah jadi abang Al ga bosen untuk makan buah.

  • Mengkonsumsi banyak air putih

Mama Wie sadar bahwa mengkonsumsi air putih tuh sangat penting untuk kesehatan, apalagi pada bulan Ramadan ini. jadi, air putih tuh yang paling wajib dan harus paling banyak di minum setiap harinya. Ya minimal 8 gelas sehari lah

  • Olahraga
Biasanya olahraga simple yang mama Wie laksanakan sih hanya memperbanyak berjalan kaki aja sih

  • Kurangi stress

Mama Wie juga sebisa mungkin tidak memikirkan hal-hal yang mengganggu pikiran, karena stress juga salah satu penyebab susah BAB.

  • Konsumsi Dulcolax

Kalo memang beberapa siasat diatas tidak berdampak baik, mama Wie akan mengkonsumsi obat pencahar. Untuk obat pencahar yang akan dikonsumsi oleh orang yang mengalami susah BAB, salah satunya yaitu Dulcolax.



Dulcolax yang merupakan salah satu produk dari Boehringer Ingelheim ini didukung oleh studi klinis yang menunjukkan bahwa bisacodyl (senyawa aktif Dulcolax) efektif dan dapat ditoleransi dengan baik untuk membantu mengatasi susah BAB.


Cara pemakaiannya cukup mudah. Untuk orang dewasa dan anak usia di atas 10 tahun, minumlah 1-2 tablet salut enterik (5-10 mg) atau 1 supositoria (10 mg). Bagi anak 6-10 tahun, cukup diberikan satu tablet saja.

Dianjurkan meminumnya di malam hari, sebelum tidur atau bisa setelah berbuka puasa.

Produk Dulcolax

Dulcolax X Fimelahood



Sebenernya tips yang ketiga awalnya mama Wie agak ragu sih, karena kan kondisi mama Wie sedang hamil. Tetapi ketika menghadiri acara Dulcolax X Fimelahood kemarin mama Wie dapat penjelasan bahwa Dulcolax itu aman untuk ibu hamil lho. Tidak hanya ibu hamil, Dulcolax ternyata juga aman dikonsumsi oleh anak-anak. Jangan biarin numpuk kotoran yang ada didalam tubuh.

Nah itu dia tips-tips mengatasi susah BAB ala mama Wie, semoga bermanfaat.






Komentar

  1. Waduh, baru tahu kalo banyak pikiran juga bisa bikin sembelit. Mungkin karena makanku banyak buah kali ya, jadinya meski banyak pikiran tapi nggak bermasalah dengan sembelit.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RE-RICE MEMBUAT BERAS HIDUP DAN SEHAT

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Hampir sebagian besar orang Indonesia mengkonsumsi nasi. Bahkan banyak orang yang beranggapan kalau belum makan nasi perut belum kenyang padahal itu hanya sugesti kita aja kali yah. Nasi berawal dari beras dan beras yang baik akan menghasilkan nasi yang baik pula untuk kesehatan tubuh kita. Karena kesehatan di awali dengan apa yang kita konsumsi. Belakangan ini marak sekali beras yang tidak baik di jual di pasaran. Mulai dari beras yang pakai pemutih dan bahan berbahaya lain nya. Harga beras akhir-akhir ini sangat tinggi sehingga membuat para produsen mengakali nya dengan mencampur bahan berbahaya agar tetap mendapatkan untung yang besar tanpa memikirkan kesehatan para konsumen nya. Sebagai ibu peran kita sangat penting untuk menjaga kesehatan keluarga kita karena kita yang biasa membeli dan memilih beras serta makanan lain nya untuk keluarga kita. Beras digiling dengan Re-Rice dan Beras yang kita bawa dari rumah Sebagai ibu kita

KESALAHAN AKU DI MASA LALU

Malam ini aku lagi tidak bisa tidur. Tidak tau kenapa hati dan pikiran tuh lagi kepikiran tentang masa lalu. Masa lalu dimana aku pernah kehilangan malaikat kecilku. Awalnya aku seorang wanita karier tapi semua itu aku lepas demi si kecil. Pengalaman adalah guru yang paling berharga, mungkin kata-kata itu tepat buat aku. Setelah kehilangan anak pertama aku M. Rafa Ramadhan aku lebih award kepada diri aku sendiri dan keluarga. Sebagai seorang wanita aku sangat bersyukur karena tidak lama setelah menikah aku langsung di berikan kepercayaan untuk menjadi ibu. Walaupun itu tidak lama, aku hanya diberikan waktu 10hari untuk mengurus Rafa karena pemilik Rafa lebih sayang kepadanya jadi Rafa di panggil lagi oleh sang khalik. Di saat hamil Rafa Semua itu mungkin karena kesalahan aku dan keegoisan aku. Selama hamil Rafa aku terlalu sibuk dan cuek. Padahal dari awal kehamilan aku sudah diberikan tanda-tanda tapi aku kok yah cuek aja. Misalnya dari awal hamil Rafa aku selalu ngeflek dan

MEWUJUDKAN RESOLUSI DI TAHUN 2018 DENGAN OBIDA

Hari-hari berlalu begitu cepat, tidak terasa sudah memasuki penghujung bulan januari tahun 2018 ini. Perasaan baru kemarin saya menjadi seorang ibu, sekarang usia si kecil sudah memasuki 5tahun yang sebentar lagi akan memasuki dunia sekolah. Bersama suami dan si kecil Menjadi seorang istri dan ibu pasti sangat membahagiakan bagi setiap wanita begitupun dengan saya. Awal nya saya adalah anak yang manja dan selalu bergantung pada mama tapi sekarang malah menjadi seorang mama yang justru menjadi tempat ber manja ria bagi makhluk kecil bernama anak. Sejak menjadi seorang ibu, ada banyak perubahan yang terjadi pada saya, mulai dari kebiasaan, sikap hingga sifat saya. Dalam hal konsumsi makanan misalnya, dulu saya tidak suka sayur dan selalu makan sembarangan. Misalnya jajanan di jalan seperti gorengan sudah menjadi makanan favorit saya. Karena gorengan di pinggir jalan itu menurut saya jauh lebih enak dibandingkan dengan gorengan yang saya buat sendiri di rumah. Tetapi setelah me