Langsung ke konten utama

SENAM SEHAT KOLOSAL 18.8.18 DI MONAS


Hari minggu kemarin ada yang berbeda di Monas, yaitu ada perayaan Senam Sehat Kolosal untuk menyambut Asian Games XVIII sekaligus merayakan HUT BPJS Kesehatan yang ke-50 tahun. Senam yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI Bapak Jusuf Kalla ini dihadiri oleh 18.818 masyarakat yang terdiri dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, stakeholder terkait, hingga para Duta BPJS Kesehatan.


Keseruan acara Senam Sehat Kolosal 18.8.18

Acara yang dimulai pada pukul 06.30 ini dibuka dengan sambutan dari Bapak Fachmi Idris selaku Direktur Utama BPJS Kesehatan. Beliau berpesan “Melalui kegiatan ini, kami mempromosikan betapa murahnya dan mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat. Cukup dengan senam rutin setiap pagi, kita sudah bisa meningkatkan kebugaran dan system imun kita sehingga tidak mudah sakit. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku sehat sehari-hari, diharapkan jumlah peserta JKN – KIS yang sakit bisa menurun, sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan ke program promotif preventif yang dilakukan agar masyarakat tetap sehat.”
Sambutan Bapak Fachmi dalam Senam Sehat Kolosal 18.8.18

Bahkan kegiatan ini didukung oleh bank BRI dan BNI karena dengan bergotong royong semua tertolong. Bagi kita yang selalu sehat dan rutin membayar iuran BPJS Kesehatan tanpa sadar kita sudah menolong saudara-saudara kita yang sedang sakit dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka inilah yang dinamakan Dengan Gotong Royong Semua Tertolong.

Senam Sehat Kolosal makin seru karena di pandu oleh MC kesayangan yaitu Indra Bekti dan Okky Lukman. Senam Sehat Kolosal resmi di buka dengan sambutan dan pengguntingan pita pelepasan balon ke udara oleh Bapak Jusuf Kalla. Beliau berpesan agar kita selalu hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan jangan lupa lakukan gerakan fisik setiap hari.
Bapak Jusuf Kalla di acara Senam Sehat Kolosal 18.8.18


Setelah pengguntingan pita dan pelepasan balon udara semua langsung mengikuti gerakan instruktur senam. Bahkan Bapak Wapres beserta ibu pun senam bersama 18.818 peserta. Ternyata kegiatan Senam Sehat Kolosal 18.8.18 ini dilakukan serentak di seluruh Kantor Cabang BPJS Kesehatan se-Indonesia.



Keseruan bapak Jusuf Kalla dalam Senam Sehat Kolosal 18.8.18

Tujuan mengajak masyarakat untuk membiasakan berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat berdampak pada jangka panjang yaitu bisa menekan jumlah penderita penyakit katastropik di Indonesia. Karena pada tahun 2017 menurut Fachmi, biaya yang dihabiskan untuk penyakit katastropik telah mencapai Rp. 18,4 triliun atau 21,8% dari total biaya pelayanan kesehatan yang dikeluarkan BPJS Kesehatan.

Dengan tingginya angka di atas maka BPJS juga fokus untuk menjaga masyarakat yang sehat tetap sehat melalui berbagai program promotif preventif yang dilaksanakan. Sedangkan bagi masyarakat yang berisiko menderita penyakit katastropik seperti diabetes mellitus dan hipertensi, dapat mengelola risiko tersebut melalui Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang juga merupakan bagian dari upaya promotif preventif perorangan peserta JKN-KIS.

Mamaku yang menderita penyakit diabetes mellitus pun beliau mengikuti senam Prolanis di lingkungan sekitar dan itu terbukti membuat mama ku jauh lebih sehat dan bugar. “Berbagai penyakit katastropik tersebut sangat bisa dicegah melalui penerapan pola hidup sehat. Kesehatan menjadi salah satu pilar yang menentukan kemajuan suatu bangsa, sebab kesehatan mempengaruhi produktivitas penduduknya. Ke depannya kami berharap kesadaran masyarakat untuk membudayakan pola hidup sehat dapat meningkat dari waktu ke waktu,”ujar Fachmi.

Siapa sih yang tidak ingin sehat? Kita semua pastinya ingin selalu sehat nah salah satunya dengan melakukan gerakan fisik setiap hari dan menjaga makanan serta pola hidup kita. Walaupun kita menjadi peserta JKN – KIS tapi pastinya kita ingin selalu sehat.

Menurut data BPJS Kesehatan sampai dengan 20 Juli 2018, terdapat 199,8 juta jiwa penduduk Indonesia yang telah menjadi peserta JKN-KIS. Dalam memberikan pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan 22.322 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), 2.406 rumah sakit dan klinik utama, 1.599 apotek dan 1.078 optik.
Baju yang digunakan Senam Sehat Kolosal 18.8.18

Jangan lupa kita juga harus membayar iuran JKN – KIS sebelum tanggal 10 setiap bulannya agar kepesertaan kita selalu aktif. Semoga dengan pola hidup sehat dan dengan melakukan kegiatan fisik secara rutin setiap hari kita semua selalu sehat. Amien.



Komentar

  1. Asikk senam sehat untuk badan tetap sehat..
    Seru kayaknya ya senamnya disana.

    BalasHapus
  2. Dengan gotong royong semua tertolong ya mba. Jadi kita ikut BPJS bukan berharap untuk sakit.

    BalasHapus
  3. satu dua satu dua satu dua.. hore, semangat hidup sehat. btw, sejak ada bpjs, RS tuh jadi rame banget loh

    BalasHapus
  4. Senam emang olahraga murmer. Badan gerak, jantung sehat, muka hepi karena ketemu orang baruuuuu. Selamat ulang tahun BPJS. Semoga layanan makin prima!

    BalasHapus
  5. Sekarang banyak banget kartu BPJS jadi bingung. Ada KIS ada BPJS yang tidak iuran ��

    BalasHapus
  6. Seru ya bisa senam bersama. Btw aku ke bantu banget lho beberapa kali Operasi pakai BPJS dan semoga aja ga pernah di pakai lagi tapi tetap bayar iuran.

    BalasHapus
  7. baru tahu ada Senam Sehat Kolosal langsung cek youtube, penasaran sama gerakannya.. hihihi

    BalasHapus
  8. Sehat diperlukan dari bagus hidup yg sehat juga.. salah satu nya olahraga. Keren nih acaranya.

    BalasHapus
  9. Senam sehat kolosal itu kayak apa ya? Aku taunya senam SKJ jaman dulu sekolah.

    BalasHapus
  10. mba ini kamu dari jam berapa di Monas? Ya ampun serunya senam ramean gitu ya, jadi inget jaman sekolah senam SKJ tiap hari Sabtu hahaha

    BalasHapus
  11. Sehat banget nih kegiatannya. Baru tau aku ada yang namanya Senam Kolosal.

    BalasHapus
  12. Walah seru amat sihh... Coba aku tau mungkin aku mau ikutan juga hahah

    BalasHapus
  13. memang betul sih kalo orang banyak yang rajin olah raga setiap hari, yang sakit jadi jarang, pelanggan BPJS juga berkurang yah.

    BalasHapus
  14. Salut dengan Pak JK yang ikut senam sehat. Yuk, kita senam bareng lagi...

    BalasHapus
  15. makin sehat berolahraga supaya mencegah penyakit dan mengurangi pengeluaran BPJS :)

    BalasHapus
  16. nama senamnya unik ya, senam kolosal....

    BalasHapus
  17. Wah seru banget ini senam kolosal, insya Allah kita semua selalu diberi sehat ya. Rajin olah raga, makan teratur dan yang paling penting minum air putih harus rajin.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RE-RICE MEMBUAT BERAS HIDUP DAN SEHAT

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Hampir sebagian besar orang Indonesia mengkonsumsi nasi. Bahkan banyak orang yang beranggapan kalau belum makan nasi perut belum kenyang padahal itu hanya sugesti kita aja kali yah. Nasi berawal dari beras dan beras yang baik akan menghasilkan nasi yang baik pula untuk kesehatan tubuh kita. Karena kesehatan di awali dengan apa yang kita konsumsi. Belakangan ini marak sekali beras yang tidak baik di jual di pasaran. Mulai dari beras yang pakai pemutih dan bahan berbahaya lain nya. Harga beras akhir-akhir ini sangat tinggi sehingga membuat para produsen mengakali nya dengan mencampur bahan berbahaya agar tetap mendapatkan untung yang besar tanpa memikirkan kesehatan para konsumen nya. Sebagai ibu peran kita sangat penting untuk menjaga kesehatan keluarga kita karena kita yang biasa membeli dan memilih beras serta makanan lain nya untuk keluarga kita. Beras digiling dengan Re-Rice dan Beras yang kita bawa dari rumah Sebagai ibu kita

KESALAHAN AKU DI MASA LALU

Malam ini aku lagi tidak bisa tidur. Tidak tau kenapa hati dan pikiran tuh lagi kepikiran tentang masa lalu. Masa lalu dimana aku pernah kehilangan malaikat kecilku. Awalnya aku seorang wanita karier tapi semua itu aku lepas demi si kecil. Pengalaman adalah guru yang paling berharga, mungkin kata-kata itu tepat buat aku. Setelah kehilangan anak pertama aku M. Rafa Ramadhan aku lebih award kepada diri aku sendiri dan keluarga. Sebagai seorang wanita aku sangat bersyukur karena tidak lama setelah menikah aku langsung di berikan kepercayaan untuk menjadi ibu. Walaupun itu tidak lama, aku hanya diberikan waktu 10hari untuk mengurus Rafa karena pemilik Rafa lebih sayang kepadanya jadi Rafa di panggil lagi oleh sang khalik. Di saat hamil Rafa Semua itu mungkin karena kesalahan aku dan keegoisan aku. Selama hamil Rafa aku terlalu sibuk dan cuek. Padahal dari awal kehamilan aku sudah diberikan tanda-tanda tapi aku kok yah cuek aja. Misalnya dari awal hamil Rafa aku selalu ngeflek dan

MEWUJUDKAN RESOLUSI DI TAHUN 2018 DENGAN OBIDA

Hari-hari berlalu begitu cepat, tidak terasa sudah memasuki penghujung bulan januari tahun 2018 ini. Perasaan baru kemarin saya menjadi seorang ibu, sekarang usia si kecil sudah memasuki 5tahun yang sebentar lagi akan memasuki dunia sekolah. Bersama suami dan si kecil Menjadi seorang istri dan ibu pasti sangat membahagiakan bagi setiap wanita begitupun dengan saya. Awal nya saya adalah anak yang manja dan selalu bergantung pada mama tapi sekarang malah menjadi seorang mama yang justru menjadi tempat ber manja ria bagi makhluk kecil bernama anak. Sejak menjadi seorang ibu, ada banyak perubahan yang terjadi pada saya, mulai dari kebiasaan, sikap hingga sifat saya. Dalam hal konsumsi makanan misalnya, dulu saya tidak suka sayur dan selalu makan sembarangan. Misalnya jajanan di jalan seperti gorengan sudah menjadi makanan favorit saya. Karena gorengan di pinggir jalan itu menurut saya jauh lebih enak dibandingkan dengan gorengan yang saya buat sendiri di rumah. Tetapi setelah me