Langsung ke konten utama

BOLU PISANG MOIST

Masya Allah kemarin Senin, 21 November 2022 setelah jemput abank Haidar, MamaWie bersama H2 ke pasar untuk membeli pisang dan bahan kue karena ceritanya kita mau buat Bolu Pisang Moist. Sebenarnya sih aku tidak ada niat bikin bolu tadinya tapi ketika sedang melihat postingan di Instagram jadi pengen buat untuk cemilan anak-anak di rumah. Karena anak-anakku tuh suka banget ngemil, semalam saja mereka minta dibelikan martabak keju dan langsung habis 1 loyang martabak keju.

Bolu Pisang Moist

Kayaknya kalau jajan mulu tiap hari boros juga yah jadilah aku punya inisiatif untuk membuat cemilan sendiri selain lebih hemat pastinya kita juga lebih sehat karena bahan-bahannya kita pilih yang premium untuk di konsumsi sendiri. Singkat cerita akhirnya setelah dari pasar dan mendapatkan pisang serta bahan untuk membuat Bolu Pisang Moist ini pun langsung kita eksekusi. Resep Bolu Pisang Moist MamaWie recook dari Instagram nya @murniasri_sarifudin.

Bahan – bahannya :

  • 280 gram pisang ambon over ripe ( timbang tanpa kulit )
  • 4 butir telur ukuran sedang
  • 200 gram brown sugar, boleh diganti gula pasir (tapi pake brown sugar lebih enak)
  • ½ sdt emulsifier (SP)
  • 200 gram terigu protein sedang
  • 10 gram susu bubuk full cream
  • ½ sdt baking powder
  • ½ sdt garam
  • 150 ml minyak sayur
  • 1 sdt vanilla ekstrak

Cara Membuat :

  1. Lumatkan pisang dengan garpu, sisihkan
  2. Panaskan oven suhu 170°C api atas bawah
  3. Kocok telur dan brown sugar hingga berbuih, lalu masukkan emulsifier lanjut kocok lagi dengan speed tinggi hingga adonan kental berjejak (kurang lebih 10 menit)
  4. Masukkan terigu, susu bubuk, baking powder, garam ke dalam adonan sambil diayak. Mix dengan speed rendah atau boleh juga diaduk balik dengan spatula (MamaWie pakai mixer biar cepat tercampur)
  5. Masukkan pisang yang sudah dilumatkan tadi, lalu aduk kembali
  6. Masukkan minyak sayur dan vanilla ekstrak, aduk hingga benar-benar homogen tidak ada minyak yang mengendap
  7. Tuang kedalam Loyang yang sudah diolesi margarin dan tepung
  8. Masukkan ke dalam oven
  9. Panggang selama 45-50 menit hingga matang

Apabila ingin memberi topping pisang, beri topping setelah cake terlihat berkulit/atau setelah dipanggang kurang lebih 15 menit agar pisang tetap stay diatas permukaan/tidak tenggelam, kalau diberikan saat adonan belum setengah matang nanti pisang nya tenggelam.


Senang nya buat cemilan sendiri di rumah tuh aku bisa mengajak serta Haidar dan Haira membantu, misalnya mengocok adonan sampai mencuci perabotan yang kotor saat membuat bolu. Jadi anak-anak menghargai makanan yang akan mereka makan dibuat dari tangan nya sendiri. Alhamdulillah anak-anak pun senang dan yang lebih membuat MamaWie bahagia tuh saat cemilan yang dibuat dengan cinta ini dimakan lahap oleh anak-anak dan mereka berkata “enak ma” Masya Allah jadi hilang semua rasa lelah yang ada. Dan makin semangat untuk berkreasi, membuat aneka cemilan untuk H2 agar mereka tidak jajan diluar.


Walaupun baru pertama kali bikin Bolu Pisang Moist ini Alhamdulillah langsung berhasil, memang resep dari @murniasri_sarifudin tuh tidak pernah gagal, aku juga suka buat brownies resep dari sana dan Alhamdulillah banyak yang suka bahkan banyak yang repeat order padahal awalnya hanya untuk konsumsi sendiri, hanya untuk cemilan H2 tapi karena banyak yang minta dibuatkan tidak ada salahnya kan aku buatkan. Yang mau coba buat sendiri di rumah bisa banget pake resep ini, gampang dan mudah insyaallah tidak akan gagal kalau mengikuti step by stepnya dengan benar. Jangan lupa share di kolom komen yah kalau kalian sudah buat Bolu Pisang Moist nya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FINEXPO BIK 2021 PRUDENTIAL INDONESIA

Setuju kah kalau MamaWie bilang ibu itu menteri keuangan dalam keluarga? Bagaimana tidak karena seorang ibu bisa mengatur keuangan keluarga dalam satu bulan, mulai dari memilah mana kebutuhan utama mana kebutuhan sekunder. Maka dari itu penting nya para ibu belajar cara tepat mengelola keuangan yang baik dalam keluarga. MamaWie sendiri berasa belum menjadi menteri keuangan yang baik untuk keluarga karena masih suka membeli sesuatu yang belum menjadi kebutuhan, belum punya tabungan, belum punya dana darurat dan bahkan yang tidak kalah penting MamaWie belum memiliki asuransi kesehatan untuk keluarga. Saat ini kami masih mengandalkan BPJS Kesehatan, mengapa? Karena kami masih belum bisa memilih asuransi kesehatan apa yang tepat untuk keluarga kami. Abank Haidar ketika operasi cabut pen Padahal MamaWie sendiri menyadari bahwa asuransi kesehatan sangat penting apalagi ketika ada keluarga yang sakit dan membutuhkan penanganan medis secara cepat dan tepat. Karena kalau menggunakan BPJS Kese

9AAE FRISIAN FLAG PRIMAGROW CEGAH STUNTING PADA ANAK

Sebagai ibu pasti sedih kalau buah hatinya selalu dibandingkan dengan buah hati orang ,ain begitupun dengan MamaWie. Seperti Humaira 24 bulan yang selalu di bilang lebih kurus, pendek dibandingkan dengan sepupunya yang hanya berbeda 3 bulan jarak kelahirannya, Humaira lahir bulan Juli sedangkan sepupunya lahir bulan Oktober. Memang sepupu Humaira yang berjenis kelamin laki-laki ini jauh lebih besar dan tinggi tubuhnya sehingga itu yang membuat Humaira dibilang kurang gizi dan harus konsultasi ke dokter anak dan lain-lain. Humaira  Tapi ketika MamaWie melihat pertumbuhan dan perkembangan Haira nama panggilan anak perempuan ini cukup baik dan ada penambahan walaupun tidak terlalu signifikan membuat MamaWie lega kalau Haira tuh tumbuh wajar sesuai dengan usianya karena memang saat lahirpun anak perempuan yang sudah bisa makan sendiri ini berat badan dan tinggi badan nya normal tidak terlalu besar. Bahkan aku pun sudah konsultasi ke dokter dan Alhamdulillah Haira tumbuh dengan normal jad

RE-RICE MEMBUAT BERAS HIDUP DAN SEHAT

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Hampir sebagian besar orang Indonesia mengkonsumsi nasi. Bahkan banyak orang yang beranggapan kalau belum makan nasi perut belum kenyang padahal itu hanya sugesti kita aja kali yah. Nasi berawal dari beras dan beras yang baik akan menghasilkan nasi yang baik pula untuk kesehatan tubuh kita. Karena kesehatan di awali dengan apa yang kita konsumsi. Belakangan ini marak sekali beras yang tidak baik di jual di pasaran. Mulai dari beras yang pakai pemutih dan bahan berbahaya lain nya. Harga beras akhir-akhir ini sangat tinggi sehingga membuat para produsen mengakali nya dengan mencampur bahan berbahaya agar tetap mendapatkan untung yang besar tanpa memikirkan kesehatan para konsumen nya. Sebagai ibu peran kita sangat penting untuk menjaga kesehatan keluarga kita karena kita yang biasa membeli dan memilih beras serta makanan lain nya untuk keluarga kita. Beras digiling dengan Re-Rice dan Beras yang kita bawa dari rumah Sebagai ibu kita