Langsung ke konten utama

#PINTARBERSAMA KREDIT PINTAR

7 Bulan sudah aku menjalani bisnis kuliner yang awalnya hanya sekedar hobi disini, untuk mengisi waktu luang karena bosan di rumah saja selama hampir 2 tahun. Bisnis yang berawal dari aku suka makan dan hobi jajan ini sekarang sudah mulai menghasilkan sedikit demi sedikit walaupun masih belum tersusun rapi catatan keuangan nya. Kadang masih suka menggunakan uang gaji pak suami untuk modal harian nya apabila ada kekurangan untuk belanja. Maklum namanya juga masih pemula, tidak paham bisnis sama sekali jadi semuanya kita campur aduk, belum terpisah mana uang bisnis dan mana uang pribadi. Jadi prinsipku dan pak suami modal setiap hari pakai uang pribadi, pendapatan jualan Nasi Uduk Betawi untu sarapan ditabung sepenuhnya. Sehingga hasil jualan bisa mencapai 12juta setiap 2 bulan sekali kalau setiap hari minimal saja kita pendapatan  200ribu. Tapi itu berarti pendapatan kotor yang kita dapatkan.


Bisnis kuliner yang sudah MamaWie jalani selama 7bulan

Semakin hari, semakin ingin MamaWie belajar mengelola serta memisahkan uang hasil jualan dengan uang pribadi. Alhamdulillah beruntung banget ketika kemarin bersama Blogger Crony Community MamaWie mendapatkan kesempatan belajar Pengelolaan Modal Pintar Bersama Kredit Pintar. 


Acara yang diselenggarakan Kamis, 7 April 2022 kemarin menghadirkan beberapa pembicara, yaitu :

  • Tonny Harfa : Host
  • Puji Sukaryadi : Brand Supervisor Kredit Pintar
  • Ganda Wicitra Wiranegara : Senior Business Development Manager Kredit Pintar

Acara yang mengusung tema ‘Pengelolaan Modal Pintar Bersama Kredit Pintar - #PintarBersama Pilih Pinjaman Agar Hati Tetap Nyaman’, diharapkan dapat menjadi manfaat bagi para peserta seminar agar pintar-pintar dalam mengelola modal dan memilih pinjaman yang aman sehingga hati pun tetap nyaman.


Kredit Pintar sendiri salah satu platform penyedia layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi terkemuka di Indonesia yang terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kredit Pintar telah diunduh lebih dari 10 juta unduhan dan peringkat kepuasan konsumen sebesar 4,4 bintang di Google Play. Kredit Pintar sendiri bagian dari Atome Financial, perusahaan fintech terkemuka dengan pengalaman luas di bidang keuangan konsumen digital dan mempromosikan inklusivitas keuangan melalui teknologi artificial intelligence.

Puji Sukaryadi - Brand Supervisor Kredit Pintar 

Puji Sukaryadi, Brand Supervisor Kredit Pintar mengatakan, “Kenapa kita harus punya modal produktif? Untuk wirausaha, usaha sampingan misalnya. Pertama, kita yakin memiliki ide bagus dan kemampuan unik. Kedua, melihat peluang pasar masih terbuka luas. Ketiga, tentu perlu adanya pemasukan tambahan. Lalu untuk persiapan kita pensiun nantinya, terakhir untuk aktualisasi diri. Dari motivasi tersebut dengan demikian modal dapat kita kelola secara produktif. Tak lagi untuk membeli hal-hal konsumtif.” Benar banget sih ini MamaWie merasakan langsung perbedaan ketika memutuskan untuk berjualan jadi lebih pilah pilih jajanan, makin hemat kayaknya sih. Dulu mah sehari bisa jajan sampe 100-200 ribu hanya untuk membeli cemilan karena memang kita sekeluarga suka ngemil tapi sekarang sejak berjualan aku lebih memilih untuk buat cemilan sendiri di rumah buat keluarga. Walaupun kadang-kadang kita juga masih suka jajan.

#PintarBersama kemarin juga MamaWie baru sadar ternyata kita harus memikirkan dana darurat. Selain modal ketika kita memutuskan untuk memulai bisnis, tentunya kita akan mengalami kondisi terdesak akibat keperluan mendadak, namun pada saat bersamaan cash flow justru lagi tidak bersahabat? Misalnya, invoice masih nyangkut di klien dan tak kunjung cair sementara ada pesanan mendadak. Nah, di sinilah kemudian dana darurat kiranya busa jadi penyelamat. Seperti MamaWie saat ini misalnya yang harga minya melambung tinggi, kalau punya dana darurat bisa dipakai kan.

Puji menambahkan, “Masih minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya dana darurat secara tidak langsung berimplikasi terhadap maraknya penggunaan pinjaman produktif. Korelasi ini kiranya cukup lumrah. Toh, sebenarnya, apabila digunakan secara bijak, pinjaman online dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan, sekaligus menjaga kestabilan keuangan kita.”

Bahkan, tidak hanya menjadi solusi saat butuh dana mendesak, pinjaman produktif juga dapat memenuhi berbagai kebutuhan lain, jika ingin merintis karier sebagai wirausaha, misalnya, pinjaman online dapat menjadi solusi untuk mendapatkan tambahan modal dengan proses yang instan. Hanya saja, kemudahan serta kepraktisan mendapatkan layanan pinjam meminjam, terkadang kerap membuat orang terlena. Bukannya bermanfaat, akhirnya justru bikin penggunanya tepok jidat. Hal ini dapat dilihat dari maraknya kasus orang yang terlilit utang karena mengajukan pinjaman tanpa perhitungan yang baik, ataupun terjebak ke dalam pusaran pinjaman illegal. Jadi harus bijak dalam memilih pinjaman yah, sesuaikan dengan kemampuan kita.

Gandan Wicitra Wiranegara  - Senior Business Development Manager Kredit Pintar 

Gandan Wicitra Wiranegara – Senior Business Development Manager Kredit Pintar kemarin berbagi tips mengenai pengelolaan modal, antara lain :
  • Assess your current approach
  • Have a dynamic approach
  • Plan, plan, plan
  • Be proactiv
  • Conduct a scenario analysis
  • Credit over cash
  • Tackle late payments
  • Reassess and review

Penting nya #PintarBersama Pilih Pinjaman Gandan menjelaskan, “Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita dapat memilih pinjaman online dengan aman.

  • Pertama, pahami platform pinjam meminjam akan menagihkan pelunasan pinjaman pada umumnya. Oleh karenanya, sebaiknya lakukan perhitungan dengan baik, menyesuaikan kondisi keuangan sebelum menentukan nominal pinjaman.
  • Kedua, baca dengan seksama kontrak perjanjian ketika pinjaman disetujui dan berkomitmen untuk melunasinya tepat waktu agar tidak terkena denda. Jangan lupa pula untuk menghitung dan menyesuaikan besaran angsuran dengan penghasilan bulanan.
  • Ketiga, yang cukup penting, adalah memilih layanan pinjaman produktif legal yang terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jangan terbuai dengan beragam pesan atau tawaran, apabila berasal dari pinjam meminjam  illegal, yang justru akan membebankan bunga dan denda tinggi, perhitungan tidak transparan, hingga tidak segan melakukan ancaman dengan menyebarkan data pribadi saat penagihan.”

Pastikan kita pilih pinjaman yang aman, agar hati makin nyaman. Sejak 17 November 2021, OJK telah merilis 104 penyelenggara fintech peer-to-peer lending atau fintech lending yang telah terdaftar dan diawasi OJK, satu diantaranya yah Kredit Pintar.

Di Kredit Pintar prosesnya sangat mudah, cepat cair dan persyaratan mudah, sehingga sangat cocok untuk kita yang membutuhkan dana mendesak dalam waktu cepat. Hanya cukup sediakan KTP elektronik, dan uang pinjaman bisa cair hanya dalam waktu 10 menit. Cepat banget kan, bisa nih menjadi dana talangan sebelum tanggal gajian pak suami.hehehe.

Limit yang ditawarkan Kredit Pintar mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 20 juta dengan tenor pinjaman bervariasi, mulai dari 30 sampai 360 hari. Sesuaikan kemampuan kita dalam memilih tenor pinjaman dan metode pembayaran. Kredit Pintar telah memberikan pinjaman secara bijak jadi sebagai konsumen kita harus bijak pula memilih pinjaman sesuaikan dengan kemampuan kita. Yuk kita #PintarBersama pilih pinjaman bareng Kredit Pintar. Selengkapnya bisa kepoin www.kreditpintar.com dan pastikan kalian follow sosial media resminya Kredit Pintar disini 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FINEXPO BIK 2021 PRUDENTIAL INDONESIA

Setuju kah kalau MamaWie bilang ibu itu menteri keuangan dalam keluarga? Bagaimana tidak karena seorang ibu bisa mengatur keuangan keluarga dalam satu bulan, mulai dari memilah mana kebutuhan utama mana kebutuhan sekunder. Maka dari itu penting nya para ibu belajar cara tepat mengelola keuangan yang baik dalam keluarga. MamaWie sendiri berasa belum menjadi menteri keuangan yang baik untuk keluarga karena masih suka membeli sesuatu yang belum menjadi kebutuhan, belum punya tabungan, belum punya dana darurat dan bahkan yang tidak kalah penting MamaWie belum memiliki asuransi kesehatan untuk keluarga. Saat ini kami masih mengandalkan BPJS Kesehatan, mengapa? Karena kami masih belum bisa memilih asuransi kesehatan apa yang tepat untuk keluarga kami. Abank Haidar ketika operasi cabut pen Padahal MamaWie sendiri menyadari bahwa asuransi kesehatan sangat penting apalagi ketika ada keluarga yang sakit dan membutuhkan penanganan medis secara cepat dan tepat. Karena kalau menggunakan BPJS Kese

RE-RICE MEMBUAT BERAS HIDUP DAN SEHAT

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Hampir sebagian besar orang Indonesia mengkonsumsi nasi. Bahkan banyak orang yang beranggapan kalau belum makan nasi perut belum kenyang padahal itu hanya sugesti kita aja kali yah. Nasi berawal dari beras dan beras yang baik akan menghasilkan nasi yang baik pula untuk kesehatan tubuh kita. Karena kesehatan di awali dengan apa yang kita konsumsi. Belakangan ini marak sekali beras yang tidak baik di jual di pasaran. Mulai dari beras yang pakai pemutih dan bahan berbahaya lain nya. Harga beras akhir-akhir ini sangat tinggi sehingga membuat para produsen mengakali nya dengan mencampur bahan berbahaya agar tetap mendapatkan untung yang besar tanpa memikirkan kesehatan para konsumen nya. Sebagai ibu peran kita sangat penting untuk menjaga kesehatan keluarga kita karena kita yang biasa membeli dan memilih beras serta makanan lain nya untuk keluarga kita. Beras digiling dengan Re-Rice dan Beras yang kita bawa dari rumah Sebagai ibu kita

KESALAHAN AKU DI MASA LALU

Malam ini aku lagi tidak bisa tidur. Tidak tau kenapa hati dan pikiran tuh lagi kepikiran tentang masa lalu. Masa lalu dimana aku pernah kehilangan malaikat kecilku. Awalnya aku seorang wanita karier tapi semua itu aku lepas demi si kecil. Pengalaman adalah guru yang paling berharga, mungkin kata-kata itu tepat buat aku. Setelah kehilangan anak pertama aku M. Rafa Ramadhan aku lebih award kepada diri aku sendiri dan keluarga. Sebagai seorang wanita aku sangat bersyukur karena tidak lama setelah menikah aku langsung di berikan kepercayaan untuk menjadi ibu. Walaupun itu tidak lama, aku hanya diberikan waktu 10hari untuk mengurus Rafa karena pemilik Rafa lebih sayang kepadanya jadi Rafa di panggil lagi oleh sang khalik. Di saat hamil Rafa Semua itu mungkin karena kesalahan aku dan keegoisan aku. Selama hamil Rafa aku terlalu sibuk dan cuek. Padahal dari awal kehamilan aku sudah diberikan tanda-tanda tapi aku kok yah cuek aja. Misalnya dari awal hamil Rafa aku selalu ngeflek dan