Selasa, 04 Mei 2021

TIPS PUASA LANCAR BAGI IBU MENYUSUI DENGAN HOMETOWN

Alhamdulillah tidak terasa bulan Ramadan sudah memasuki 10 hari terakhir, yuk kita tingkatkan amal ibadah, jangan sampai kendor yah!!! Alhamdulillah puasa di bulan Ramadan tahun ini MamaWie belum ada yang bolong walaupun di awal-awal puasa ujian nya luar biasa nikmat.

Karena masih mengASIhi anak perempuan yang tidak mau minum susu formula ini membuat MamaWie merasakan “perihnya” perut ketika sudah memasuki jam 12 siang. Mungkin karena Haira nyusu nya kuat banget sehingga membuat perutku perih, haus dan terasa lapar. Bukan hanya itu saja, Humaira pun mungkin beradaptasi sehingga dia mengalami buang-buang air dan demam tinggi.

Haira demam awal diajak puasa

Bahkan demam yang dialami anak perempuan yang sudah bisa makan sendiri ini sampai 39°C dan itu berlangsung hingga 3hari yang menyebabkan aku dilema antara lanjut puasa atau membatalkan nya. Tapi ketika di hari ke4 anak bayi yang suka pakai kerudung ini sudah mulai turun demamnya bahkan sudah kembali ceria dan doyan makan aku memutuskan untuk lanjut menjalani puasa di bulan yang mulia ini.

Selain Haira yang sudah terbiasa diajak berpuasa, akupun jauh lebih rileks dan tidak merasakan perih yang luar biasa ketika aku sudah mengikuti Live IG nya Hometown Dairy yang memberikan tips bagi ibu menyusui agar lancar berpuasa. Ternyata ibu menyusui harus extra memperhatikan nutrisi saat sahur dan berbuka puasa. Menurut Dokter Luciana saat IG Live kemarin “Ibu menyusui perlu mengkonsumsi air putih yang cukup agar dapat memproduksi ASI dengan lancar, setidaknya 8 gelas sehari”.


“Sebaiknya setelah menyusui minum segelas, itu di luar jadwal makan sehari dua sampai tiga kali ya. Jadi Ibu menyusui setiap habis makan wajib minum segelas air putih, sehabis nyemil wajib minum segelas,” begitu menurut, President of Indonesian Nutrition Association (INA) tersebut. Walaupun sulit tapi memang harus dilakukan agar ibu menyusui tidak kekurangan cairan.

Ada 3 tips untuk para ibu menyusui menurut Dr Luciana, yaitu :

  1. Ibu menyusui dapat memerah ASI saat malam hari
  2. Ibu menyusui disarankan makan sesuai panduan isi piringku, yakni porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring terdiri dari 50 persen buah dan sayur, 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein. “Kalau sudah memenuhi itu sebetulnya sudah cukup. Segelas susu bisa jadi tambahan pelengkap,” kata Dr Luciana.
  3. Selama puasa ibu menyusui tetap menjalankan hidup aktif dengan berolahraga. Olahraga nya yang ringan saja misalnya jalan kaki menjelang buka puasa.

Bahagia banget deh dapat ilmu dengan ikutan Happy at Home with Hometown Ramadhan Series ini yang diadakan setiap hari Sabtu pukul 11.00 yang dapat kita saksikan di Instagram Live @hometowndairy.id.

Segelas susu hometown setiap sahur dan berbuka puasa

Bahkan setiap sahur dan berbuka aku selalun minum segelas Susu segar Hometown ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan selama berpuasa. Karena Hometown sendiri 100% susu murni tanpa tambahan apapun seperti air, gulal, pemanis, pengawet dan lainnya. Sehingga susu segar Hometown Dairy hanya bertahan sampai 3hari setelah botol dibuka dan dimasukkan ke lemari pendingin serta bertahan selama kurang lebih 7-12 hari sebelum kemasan dibuka.

Mamawie biasa beli Susu Segar Hometown ini di supermarket terdekat karena sudah tersedia di supermarket jabodetabek, Surabaya, Bandung, Lampung dan Medan. Bahkan juga bisa dibeli via online melalui Shopee GGF Official Shop dan Tokopedia GGF Mart untuk area Jakarta dan sekitarnya.

Pastikan para ibu menyusui seperti MamaWie stok Hometown Dairy di rumah agar nutrisi selama berpuasa tercukupi. Jadi puasa aman dengan Hometown Dairy.

#HappyatHomewithHometown

#HealthyRamadhan

3 komentar:

  1. Dapet insight baru dari artikel ini

    BalasHapus
  2. Terima kasih infonya. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Informasi yg ciamik di bulan Ramadhan

    BalasHapus