Senin, 14 Desember 2020

NIVEA SENTUHAN IBU MENJADIKAN ANAK BAHAGIA

Menjadi ibu memang tidak ada sekolahnya tapi ketika anak terlahir ke dunia dengan sendirinya para ibu bisa menjadi ibu yang terbaik untuk anaknya. Mulai belajar dengan orang tua cara mengurus anak sampai baca-baca artikel tentang tumbuh kembang anak. Pengalaman MamaWie mengurus kedua buah hati sendirian tanpa bantuan asisten rumah tangga sangat nikmat, anak pertama dan kedua tidak sama walaupun terlahir dari dalam Rahim yang sama. Misalnya saja abank Haidar alergi minyak telon dari lahir sampe umurnya sudah 8tahun sekarang tetapi adek Haira Alhamdulillah tidak alergi.


Anak laki-laki dan anak perempuan MamaWie dan PapaNtonk

Walau berbeda tapi ada juga kesamaan mereka misalnya kedua anak MamaWie sama-sama minum ASI insya allah selama 2tahun (karena usia haira baru 16bulan), mereka berdua tidak suka susu formula dan mereka pun sangat suka sekali disentuh/dipijet sama MamaWie sehabis mandi atau bahkan sebelum tidur. Alhamdulillah Haidar dan Haira jarang sekali di urut, dipijet sama orang lain. Kalau anak bayik sakit, demam karena flu langsung MamaWie pijet serta dibalurin bawang, Alhamdulillah besok nya sudah sembuh dan bisa beraktivitas seperti biasa.

Masya Allah banget yah emang sentuhan ibu untuk anak-anak nya, seperti punya keistimewaan yang luar biasa, selain bonding makin dekat tentunya. Ternyata penting banget sentuhan ibu di 1000 HPK anak sejak dalam kandungan saat MamaWie ikutan “Virtual Media Gathering NIVEA #SentuhanIbu 2020” Kamis, 10 Desember 2020 kemarin yang menghadirkan : 


Diana Riaya (Marketing Manager NIVEA Skin Care)

Dr. Herbowo Soetomenggolo SpA(K) (Dokter Spesialis Syaraf dan Anak)

dr. Nana Novita Jayadi,SpKK (Dokter Spesialis Kulit)

Menurut Dr. Herbowo Soetomenggolo, SpA(K), “Sentuhan Ibu di masa kehamilan hingga bayi telah lahir sangatlah penting untuk stimulasi otak bayi, terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan yaitu sejak anak dalam kandungan hingga seorang anak berusia 2 tahun (24 bulan). Pada periode ini terjadi pertumbuhan yang sangat pesat pada anak dimana fondasi kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan saraf yang optimal di seluruh umur ditetapkan. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang rutin distimulasi secara skin to skin oleh ibunya cenderung memiliki kemampuan mengenali perubahan afeksi (perasaan) pada ibunya lebih dini disbanding bayi yang tidak distimulasi, bayi yang rutin diberi stimulasi sentuhan juga cenderung memiliki perkembangan otak yang lebih baik dan memiliki peningkatan kemampuan bicara.”

Ada beberapa fakta tentang Skin to Skin, antara lain :

  • Menyelamatkan bayi prematur
  • Mengurangi nyeri akibat adaptasi lingkungan
  • Menjaga kadar gula darah
  • Menjaga kadar oksigen
  • Menjaga kerja jantung paru
  • Menjaga suhu tubuh
  • Meningkatkan keberhasilan pemberian ASI

Ada juga fakta lain stimulasi sentuhan pada bayi, yaitu :

  • Kenaikan berat badan lebih baik
  • Perawatan saat lahir lebih pendek
  • Tidur lebih baik
  • Berkurang level stres dan kecemasan
  • Imun meningkat
  •  Peningkatan kemampuan sosial dan bicara

Itulah mengapa sentuhan ibu sangat penting untuk buah hatinya, oleh karena itu NIVEA yang telah ratusan tahun menemani keluarga di seluruh dunia dalam merawat kesehatan kulit membuat program NIVEA #SentuhanIbu. Dengan program ini NIVEA mengukuhkan komitmennya dalam membantu mempererat bonding atau ikatan emosional antara ibu dan anak. #SentuhanIbu sebuah panduan yang disusun secara khusus untuk membantu para ibu di Indonesia dalam membangun bonding antara ibu dan anak melalui sentuhan.


Diana Riaya selaku Marketing Manager NIVEA Skin Care mengatakan, “Dimulai sejak 2014, sebagai kegiatan tahunan yang hadir bersamaan dengan momen Hari Ibu, Sentuhan Ibu kini telah memasuki tahun ke-tujuh penyelenggaraan. Tahun ini, NIVEA melalui Sentuhan Ibu kembali menghadirkan inspirasi baru untuk mempererat bonding antara ibu dan anak dalam wujud panduan Rutinitas #SentuhanIbu yang disusun bersama dengan dermatologis dan dokter anak ahli neurologi mulai dari awal kehamilan hingga setiap momen kehidupan anak.”

Sentuhan Ibu selama kehamilan memang sangat penting, kadang MamaWie suka mengusap perut dengan diolesi NIVEA Crème sambil mengajak bicara bayi yang ada di dalam kandungan yang membuat ibu menjadi happy karena adanya respon dari bayi dengan gerakan-gerakan kecil dari dalam perut. Peran ayah juga sangat penting, kadang sebelum tidur PapaNtonk suka mengelus dan mengajak bicara perut MamaWie jadi sekarang anak-anaknya dekat dengan papa nya. Karena saat hamil kulit terasa kering sehingga MamaWie sangat sering mengoleskan NIVEA Crème untuk melembabkan kulit selama hamil kemarin.

Ternyata memang benar menurut Dokter spesialis kulit, dr. Nana Novia Jayadi, SpKK mengatakan, “Ada dua kategori umum perubahan kulit selama kehamilan yaitu perubahan kulit fisiologis dan masalah kulit spesifik. Kulit ibu dapat mengalami berbagai perubahan seperti stretch marks di daerah perut, flek hitam di wajah serta peningkatan produksi kelenjar minyak yang dapat memicu jerawat. Perubahan hormone yang terjadi juga dapat menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan kelembaban. Hal ini menyebabkan tidak sedikit ibu hamil yang mengeluhkan kulit menjadi kering dan gatal. Pasca melahirkan, kondisi ini dapat berlanjut bahkan memburuk jika ibu berada dalam keadaan stres dan kelelahan.”

Jadi penting banget kan kita merawat kulit sejak dalam masa kehamilan dengan NIVEA Crème dan pastikan jadilah ibu hamil yang bahagia. Nah agar proses bonding dapat berjalan dengan baik, NIVEA mengajak para ibu untuk melakukan Rutinitas #SentuhanIbu yang mengkombinasikan perawatan kulit ibu (self-care) dan perawatan kulit ibu bersama anak (shared-care) dengan menggunakan NIVEA Crème, pelembab ikonik dari NIVEA yang diperkaya dengan Eucerit dan Glycerin yang berfungsi melindungi kulit, menjadikannya tetap lembab serta memberikan sensasi kelembutan layaknya sentuhan yang diberikan oleh ibu. Sebagai pelembab harian untuk kulit wajah dan tubuh, NIVEA Crème telah diuji secara dermatologis aman untuk orang dewasa serta anak-anak.

Alhamdulillah MamaWie rutin melakukan sentuhan dengan NIVEA Crème kepada Haidar dan Haira setelah mandi pagi, sore dan sebelum tidur yang menjadikan mereka makin dekat dengan Mamanya. Bahkan abank yang sudah berusia 8tahun suka iri dengan adeknya kalau tidak diberikan sentuhan sebelum tidur. Anak laki-laki yang sudah bisa membantu MamaWie membereskan rumah ini memang tergolong anak yang manja, bahkan sebelum tidur setelah diolesi NIVEA Crème kadang suka minta dipeluk dan dicium.

Semoga sampai besar yah nak kalian tetap ingin disentuh oleh Mama karena itu yang bisa membuat bonding kita erat serta pasti Mama akan kangen masa-masa sekarang saat kalian dewasa nanti. Kalian punya cerita kah moms tentang manfaat #SentuhanIbu bagi buah hati? Yuk share pengalaman kalian di kolom komentar di bawah ini!

0 komentar:

Posting Komentar