Langsung ke konten utama

HIV AIDS SUDAH ADA OBATNYA


HIV AIDS
HIV AIDS ada obatnya dengan ARV

Apa yang kalian pikirkan apabila mendengar kata di atas? Kalau aku sendiri sih berfikiran penyakit menular yang tidak bisa disembuhkan bahkan bisa membuat kita meninggal. Bahkan kita pasti tidak ingin mendekati penderita penyakit tersebut. Nah dalam rangka memperingati hari HIV AIDS pada tanggal 01 Desember lalu, aku mendapatkan undangan dari blogger crony dan kemenkes untuk mengetahui apa itu HIV AIDS.

HIV dan AIDS sendiri adalah :

HIV
H : Human (Manusia)
I : Immunodeficiency (turunnya system kekebalan tubuh, sehingga tubuh gagal melawan infeksi)
V : Virus

Jadi HIV adalah virus yang hanya terdapat di dalam tubuh manusia dan menyebabkan turunnya kekebalan tubuh ® tubuh gagal melawan infeksi

AIDS
A : Acquired (Didapat / ditularkan dari orang lain)
I : Immune (Kekebalan tubuh)
D : Deficiency (Penurunan / Kekurangan)
S : Syndrome (Kumpulan Gejala dan Tanda)

Jadi AIDS adalah kumpulan gejala dari tanda fisik (infeksi opotunistik) karena penurunan kekebalan tubuh, akibat tertular virus HIV dari orang lain.

HIV sendiri menyerang system kekebalan tubuh (sel darah putih/limfosit) sehingga kekebalan tubuh menurun dan memiliki kemampuan untuk memperbanyak diri dalam tubuh manusia. Virus HIV sendiri tidak mudah menular jadi kita tidak perlu menjauhi penderitanya. Cara penularan virus HIV sangat terbatas yaitu dengan :
  • Hubungan seksual
  • Berbagi jarum suntik
  • Produk darah dan organ tubuh
  • Ibu hamil positif HIV ke bayinya

Yang tidak menularkan HIV sendiri yaitu : Ciuman, Pelukan, Penggunaan WC bersama, Sentuhan, Alat makan bersama, Gigitan nyamuk dan Tinggal serumah. Oleh karena itu kita tidak perlu takut berdekatan dengan penderita HIV karena yang seharusnya kita jauhi adalah virus nya bukan penderitanya.

Ada pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati, yes benar sekali sepertinya pepatah itu dan kita dapat mencegah HIV dengan :
  • Tidak melakukan hubungan seksual berisiko seperti gonta ganti pasangan
  • Mengikuti program pencegahan penularan HIV dari ibu ke anak
  • Skiring darah donor dan organ tubuh
  • Tidak menggunakan narkoba
  • Menerapkan kewaspadaan standar (bagi petugas kesehatan)
  • Apakah HIV ada obatnya? Apakah HIV bisa disembuhkan?

HIV sendiri sudah ada obatnya yaitu ANTIRETROVIRAL (ARV), walaupun memang penderita HIV tidak bisa disembuhkan tapi dapat dikelola seperti pada penyakit kronis lainnya seperti Diabetes dan Hipertensi. ODHA dapat segera memulai terapi ARV begitu terdiagnosis HIV. Penderita HIV yang rajin mengkonsumsi ARV setiap hari dapat mengurangi kinerja virus yang terdapat di dalam tubuhnya.

Ibu Neneng, penderita HIV sejak 15 tahun lalu

Seperti Ibu Neneng misalnya, beliau terkena HIV karena tertular oleh mantan suaminya ketika sedang hamil. Sedih dan terpukul sekali beliau mendengar diagnose dokter tapi beliau tidak ingin menyerah begitu saja, setelah positif HIV beliau mencari refrensi bagaimana cara mengobati virus yang menurut orang mematikan ini.

Beruntungnya wanita yang sudah terkena HIV selama 15tahun ini bertemu dengan salah satu LSM yang mensupport dan membiayai penyakit beliau. Karena rutin minum ARV setiap hari anak yang dikandung Bu Neneng ini negative dan tidak terinfeksi HIV. Inilah bukti nyata kalua JIV bisa di stop penularannya dengan minum ARV secara rutin.

Jadi yuk kita percepat pencapaian target program HIV AIDS dengan S-T-O-P, yaitu :
  • Suluh : masyarakat paham HIV
  • Temukan : 90% ODHA tahu statusnya
  • Obati : 90% ODHA mendapat ART
  • Pertahankan : 90% ODHA yang ART tidak terdeteksi virusnya

Pengendalian HIV AIDS bukan hanya tugas pemerintah dan menteri kesehatan saja, tapi kita sebagai masyarakat juga sangat berperan penting dalam pengendalian HIV AIDS dengan STOP tadi. Jadi sekarang aku sudah makin paham kalau penderita HIV AIDS itu tidak perlu dijauhi karena tidak menular, yang harus kita jauhi tuh penyakitnya. Bahkan HIV AIDS sekarang sudah ada obatnya yaitu ARV, serta penderita HIV AIDS bisa tetap produktif dengan rajin mengkonsumsi obat ARV secara rutin.

Yuk mulai sekarang kita berprilaku hidup sehat dengan tidak menggunakan narkoba dan berganti-ganti pasangan agar tidak terkena penyakit HIV AIDS.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FINEXPO BIK 2021 PRUDENTIAL INDONESIA

Setuju kah kalau MamaWie bilang ibu itu menteri keuangan dalam keluarga? Bagaimana tidak karena seorang ibu bisa mengatur keuangan keluarga dalam satu bulan, mulai dari memilah mana kebutuhan utama mana kebutuhan sekunder. Maka dari itu penting nya para ibu belajar cara tepat mengelola keuangan yang baik dalam keluarga. MamaWie sendiri berasa belum menjadi menteri keuangan yang baik untuk keluarga karena masih suka membeli sesuatu yang belum menjadi kebutuhan, belum punya tabungan, belum punya dana darurat dan bahkan yang tidak kalah penting MamaWie belum memiliki asuransi kesehatan untuk keluarga. Saat ini kami masih mengandalkan BPJS Kesehatan, mengapa? Karena kami masih belum bisa memilih asuransi kesehatan apa yang tepat untuk keluarga kami. Abank Haidar ketika operasi cabut pen Padahal MamaWie sendiri menyadari bahwa asuransi kesehatan sangat penting apalagi ketika ada keluarga yang sakit dan membutuhkan penanganan medis secara cepat dan tepat. Karena kalau menggunakan BPJS Kese

9AAE FRISIAN FLAG PRIMAGROW CEGAH STUNTING PADA ANAK

Sebagai ibu pasti sedih kalau buah hatinya selalu dibandingkan dengan buah hati orang ,ain begitupun dengan MamaWie. Seperti Humaira 24 bulan yang selalu di bilang lebih kurus, pendek dibandingkan dengan sepupunya yang hanya berbeda 3 bulan jarak kelahirannya, Humaira lahir bulan Juli sedangkan sepupunya lahir bulan Oktober. Memang sepupu Humaira yang berjenis kelamin laki-laki ini jauh lebih besar dan tinggi tubuhnya sehingga itu yang membuat Humaira dibilang kurang gizi dan harus konsultasi ke dokter anak dan lain-lain. Humaira  Tapi ketika MamaWie melihat pertumbuhan dan perkembangan Haira nama panggilan anak perempuan ini cukup baik dan ada penambahan walaupun tidak terlalu signifikan membuat MamaWie lega kalau Haira tuh tumbuh wajar sesuai dengan usianya karena memang saat lahirpun anak perempuan yang sudah bisa makan sendiri ini berat badan dan tinggi badan nya normal tidak terlalu besar. Bahkan aku pun sudah konsultasi ke dokter dan Alhamdulillah Haira tumbuh dengan normal jad

RE-RICE MEMBUAT BERAS HIDUP DAN SEHAT

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Hampir sebagian besar orang Indonesia mengkonsumsi nasi. Bahkan banyak orang yang beranggapan kalau belum makan nasi perut belum kenyang padahal itu hanya sugesti kita aja kali yah. Nasi berawal dari beras dan beras yang baik akan menghasilkan nasi yang baik pula untuk kesehatan tubuh kita. Karena kesehatan di awali dengan apa yang kita konsumsi. Belakangan ini marak sekali beras yang tidak baik di jual di pasaran. Mulai dari beras yang pakai pemutih dan bahan berbahaya lain nya. Harga beras akhir-akhir ini sangat tinggi sehingga membuat para produsen mengakali nya dengan mencampur bahan berbahaya agar tetap mendapatkan untung yang besar tanpa memikirkan kesehatan para konsumen nya. Sebagai ibu peran kita sangat penting untuk menjaga kesehatan keluarga kita karena kita yang biasa membeli dan memilih beras serta makanan lain nya untuk keluarga kita. Beras digiling dengan Re-Rice dan Beras yang kita bawa dari rumah Sebagai ibu kita