Minggu, 03 Juni 2018

KINERJA PLN YANG LUAR BIASA DALAM MENERANGI NEGERI

Dari gadis sampai sudah punya anak 2 aku kalau tidur wajib mematikan lampu agar tidak silau tapi lain halnya kalau mati lampu. Kalau mati lampu akutuh paling tidak bisa tidur karena panas kegerahan dan itupun menurun kepada anak laki-laki aku. Jadi apabila mati lampu di malam hari aku langsung menghubungi PLN dan mengeluh.
like mother like son

Kadang suka ngedumel sendiri padahal aku tidak pernah telat bayar listrik tapi kok yah masih saja mati lampu. Pernah tidak sih kalian mengalami atau merasakan seperti aku? Apa Cuma aku saja yang manja dan tidak bisa terima kalau mati lampu.hehehe

Untuk menjawab semua pertanyaan yang ada di kepala aku ini yah harus ke call center PLN tapi kadang suka lupa mau menghubungi Call Center apalagi kalau lampunya sudah menyala. Seperti pucuk di cinta ulam tiba, di saat banyak pertanyaan tentang PLN aku mendapatkan undangan untuk buka bersama Direksi PLN.



keseruan acara bukber bersama direksi PLN

Acara yang dilaksanakan di The Dharmawangsa ini mengundang jajaran Direksi PLN bersama para blogger, vlogger dan influenzer untuk bersilaturahmi dan buka bersama. Ternyata selama ini aku kurang bersyukur karena di balik nikmat listrik yang aku peroleh ada beberapa orang yang tidak tidur di dalamnya. Karena PLN/listrik tidak bisa di stok seperti Bensin.

Aku yang suka ngedumel dan mengeluh di saat mati lampu ke PLN ini jadi tersadar, mungkin kalau sedang mati lampu sedang ada perbaikan demi kenyamanan para konsumen nya seperti aku ini. Kita hanya ingat PLN dalam 1-2 jam di saat mati lampu tapi selama bertahun-tahun kita menikmati listrik kadang kita tidak ingat.

PLN sendiri sudah bekerja yang terbaik untuk para konsumen nya ini terbukti selama 3tahun tarif listrik tidak naik tapi kadang kita tidak menyadari hal tersebut. Bahkan bila dibandingkan dengan tahun 2015 kini kondisi kelistrikan Nasional kita tidak lagi defisit, PLN terus meningkatkan pasokan listrik hingga ke daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T).

Bahkan hingga bulan April 2018 PLN telah melistriki 76.152 desa atau lebih dari 6.000 desa sejak tahun 2015. Desa-desa yang di aliri listrik sendiri memiliki karakteristik berupa akses yang sulit dan juga biaya yang tidak murah, biayanya sendiri menggunakan Dana APLN.

PLN sendiri meyakini bahwa Listrik merupakan garda terdepan dalam pembangunan dan penggerak ekonomi Indonesia sehingga harus selalu tersedia di awal sebagai peritis pembangunan. Program PLN sendiri selain menerangi daerah-daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) adalah program 35.000 MW.

Program 35.000 MW ini meliputi pembangunan pembangkit sebesar 35.714 MW, transmisi 46.904 kms dan Gardu Induk 110.329 MVA. Per April sendiri progress kontruksi pembangkit telah mencapai 17.192 MW dari total pembangkit yang akan dibangun.

PLN terus bekerja meningkatkan kapasitas pembangkit, panjang transmisi dan kapasitas gardu induk untuk memberikan pelayanan yang prima serta kehandalan system. Sejak awal tahun 2015, PLN berhasil meningkatkan jumlah pembangkit yang beroperasi sebesar 8.442 MW, penambahan transmisi sepanjang 9.987 kms dan peningkatan kapasitas gardu induk sebesar43.108 MVA.

Energi Baru Terbarukan (EBT) berasal dari energi panas bumi, air, angin, biomassa, biogas, surya, sampah dan lain-lain. 6.371 MW adalah total kapasitas yang terpasang EBT pada tahun 2017 itu artinya 12% terealisasi pada tahun 2017. 1.210 MW total kapasitas kontrak ditandatangani pada tahun 2017.

Strategi Pengembangan Energi Baru Terbarukan, antara lain :
  • Pengembangan pembangkit EBT tetap memperhatikan keseimbangan supply-demand, kesiapan system dan keekonomian.
  • PLN akan memanfaatkan sumber energi terbarukan dari jenis energi aliran dan terjunan air, energy panas bumi (termasuk skala kecil/modular), biofuel, energy angina, energy sinar matahari, biomassa dan sampah, dll serta mendukung upaya RE-BID (Renewable Energy Based on Industrial Development)
  • Khusus mengenal PLTS, dilakukan mengembangkan centralized PV untuk melistriki banyak komunitas terpencil yang jauh dari grid pada daerah tertinggal, pulau-pulau terdepan yang berbatasan dengan Negara tetangga dan pulau-pulau terluar lainnya.
  • PLTS hybrid dengan PLTD atau menggunakan baterai. Strategi ini diprioritaskan untuk daerah yang jam nyala – nya rendah ( di bawah 12 jam/hari ), umumnya di Indonesia Timur.
  • Pengembangan micro grid untuk daerah-daerah isolated. Daerah yang dalam 2-3 tahun kedepan belum direncanakan untuk dibangun distribusi atau pembangkit thermal kecil, diusulkan untuk menggunakan PLTS.

Selama 3tahun terakhir yaitu 2015-2017 PLN berhasil memberikan kontribusi fisikal kepada Negara sebesar Rp. 239,5 Triliun yang terdiri dari peningkatan pajak dan dividen sebesar Rp 96 triliun dan penghematan subsidi sebesar Rp. 143,5 triliun.

Untuk layanan Call Center sendiri PLN bisa dihubungi di 123 bukan hanya call center saja tapi PLN juga mempunyai website yaitu PLN 123 dan social media berupa Facebook dan Twitter yaitu di @pln123. Bahkan yang terbaru dari PLN untuk mengikuti jaman yang serba digital, PLN mempunyai aplikasi pln mobile yang bisa kita download pada smartphone kita.
pln mobile yang memudahkan konsumen

PLN Mobile sendiri melayani pasang baru, tambah daya, pengaduan dan nantinya bisa membeli token disini. Ada yang menarik lagi nih dari PLN bagi yang ingin menambah daya saat ini sedang diberikan diskon 50% dengan maksimal 10juta rupiah bahkan GRATIS untuk penambahan daya pada tempat ibadah.

Semoga dengan adanya niat baik dari PLN ini bisa mewujudkan Indonesia teraliri listrik ke semua wilayah secara merata pada tahun 2019 mendatang karena mendapatkan penerangan adalah hak setiap warga Negara dan memberikan penerangan adalah kewajiban Negara. Jadi bukan hanya tugas PLN saja memberikan penerangan/listrik tapi sebaikknya kita juga sebagai konsumen lebih menghemat pemakaian listrik.

35 komentar:

  1. PLN sejak dipegang oleh Pak Dahlan Iskan memang selalu inovatif. Tentu semuanya memang membutuhkan biaya yang besar. Ke depannya agar efisiensi lebih ditingkatkan. Plus kalo tarif naik, agar diberitahukan jauh2 hari ya.

    BalasHapus
  2. Semoga program PLN berjalan lancar. Supaya ke kampung saya tidak lagi sering mati listrik...

    Apalagi bulan puasa seperti sekarang, repot dan jengkel listriknya mati terus.

    BalasHapus
  3. Hal yang menjadikan saya panik kalau listrik PLN mati itu bukan tentang penerangan sih mba hehe
    tapi berkenaan dengan menyalakan pompa air. Soalnya, saya pernah gak mandi seharian gara-gara mati listrik yang cukup lama. Dan rasanya itu menyiksa sekali wkwkwk
    Yahh, tapi untungnya sih saya masih punya temen di kosan lain yang bersedia memberikan airnya untuk saya mandi.
    #NamanyaJugaMahasiswa :D

    BalasHapus
  4. semoga penyebaran listrik sampai ke pelosok dan semua menjadi terang

    BalasHapus
  5. kalo saya ngga merasakan pemadaman karena selama tinggal di jakarta di apartemen yang ada genset. semoga ke depannya PLN semakin bagus dan lancar terus kalo bisa tarifnya utk apartemen diturunkan masa disamakan sama tarif usaha

    BalasHapus
  6. Aamiin.. semoga seluruh daerah yang ada di Indonesia ini lekas terlaksana programnya PLN ya.. sedih juga rasanya hidup tanpa listrik, aku yg mati lampu cuma sejam aja rasanya geram sekali..

    BalasHapus
  7. Kadang pas mati lampu, hal yang pertama kali diingat memang PLN. Kok bisa yah mati lampu padahal bayar tepat waktu, hehehe

    BalasHapus
  8. Karena pernah tinggal di Kepei dan Kalsel, saya jadi ngerti banget betapa berharganya listrik. Di sana mha byar pet udah biasa. Jadi kalau pas listrik nyala, langsung dimanfaatin sebaik mungkin.

    BalasHapus
  9. Seni mengurus negeri ya mba. Sebenrnya kalau diurus dengan benar ga ada masalah bangsa ini yg benar2 runyam. Termasuk soal listrik. Tinggal apakah pemangku kebijakan benar2 bekerja atau tidak. Semoga tak ada lagi daerah yang mengalami krisis listrik ya.

    BalasHapus
  10. Saya baru tahu kalo PLN punya aplikasi Mobile, jadi kita bisa makin lebih praktis ya Mba, karena dengan aplikadi tersebut ternyata bisa melayani pasang baru, tambah daya, pengaduan dan nantinya bisa membeli token disini. Prakris bangat!

    BalasHapus
  11. Iya aku tergolong orang suka ngedumel kalo PLN mati ini listrik, kecuali pas lagi nyetrika banyak..kok aneh malah seneng hahahaha


    Kita gak tau kalau PLN mati ini listrik itu untuk menghemat daya..atau ada perbaikan.., kita emang suka ngedumel ya...,

    BalasHapus
  12. Cuma kadang aneh lho, kadang di rumahku lampu mati, trus aku telp ke call center PLN eh mereka gak tau menahu bahwa lampu daerah rumahku off. Apa msh belum terkoneksi kyk kalau kita telp telkom gtu kan langsung tau gangguannya krn apa. Kalau PLN kadang msh suka suruh nunggu lg dan telp lg buat cek. Dengan acara2 kyk gini moga PLN makin jd lbh baik lagi ya mbak.

    BalasHapus
  13. sama ya mak, suka ngedumel sama PLN. kayaknya aku harus sadar diri nih, ngocehin PLN terus apalagi pas mati lampu, sebel banget hehe.. semoga PLN semakin baik ya, biar ngk mati lampu lagi, hihi

    BalasHapus
  14. Program yang layak dissuport, karena sangat membantu pengembangan masyarakat di pelosok.

    BalasHapus
  15. Saya juga kalo tidur musti gelap ... kadang suka bingung dgn mereka yg tidur dgn lampu gerang benderang. Gak hemat energi banget hehehhe.

    Btw, smoga listrik di Indonesia gak braypreeet ... viva PLN!!!!

    BalasHapus
  16. Semoga listrik di Indonesia merata ke seluruh pelosok negri, supprot pln

    BalasHapus
  17. Aku paling ga bisa kalo tidur gelap2an pastinya akan melek terus. Hal yg paling ditakutkan adalah kegelapan, makanya juara buat PLN yg selalu menerangi hidupku dan semuanyaaa..

    BalasHapus
  18. Ngga jadi ngeluh ya mbak Dewi, setelah ikutan acara... Memang kesel sih kalau sering mati lampu... 😁😁😁

    BalasHapus
  19. Mungkin untuk beberapa daerah memang perlu penanganan khusus. Klo di Pontianak, paling rajin mati lampu kalau bulan puasa begini. Mungkin lonjakan pemakaian listrik yang gila gilaan juga sih ya

    BalasHapus
  20. Panas dan bikin bete kalau mati lampu. Untungnya ada lapangan dekat rumah. Bisa adem sambil ngobrol. Ada hikmahnya juga mati lampu

    BalasHapus
  21. kalau sekarang pelayanan pln di kota besar sudah lebih baik sih kalau menurut aq, seperti di daerah rumah aq ketika ada pemadaman lampu yang memakan waktu lebih dari 2 jam, biasanya dari pak rt akan informasi jadi kita bisa persiapan stok air buat mandi dan lainnya bl tdk punya toren. tapi emang kalo mati lampu yang masalah itu jadi panas, apalagi kalo malam-malam duhhh nyiksa banget dehhh,, pegel juga soalnya kalo tangan harus ngipas-ngipas terus..

    BalasHapus
  22. Aku suka kesel kalau mati lampu.
    Memang bener listrik itu butuh banget deh.buat penerangan. Program PLN skg bagus ya. Mg aja makin maju.

    BalasHapus
  23. PLN memang paling cihuy yaaaa. Semoga makin cethar kinerjanya
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  24. aku sih gak masalah kalo listriknya mati pas lagi tidur atau gak ada kegiatan lain selain tidur. karena lumayan kan, listriknya bisa disimpen buat besok2 lagi atau di pake buat daerah lain yang lebih membutuhkan.

    mkin kesini makin peduli lagi sama penggunaan listrik, kalo udah gak kepake, mati2in lampu, cabut carger dll itu wajib hukumnya. hehe

    BalasHapus
  25. Tugas pln Itu berat ya. Ga mudah. Apalagi lg sekarang lagi jalanin program lissanya. Sukses terus untuk pln indonesia.

    BalasHapus
  26. semoga PLN juga menjangkau Indonesia bagian Timur khususnya yaaaa

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah ditempat saya sih jarang mati lampu ya. Semoga kinerja PLN ini akan terus lebih baik lagi hingga ke lokasi2 terjauh.

    BalasHapus
  28. Semoga Indonesia semakin terang ya. Dan ga mati lampu lagi berjam-jam. PLN bisa semakin baik. Amin

    BalasHapus
  29. Listrik menjadi hajat hidup orang banyak, smoga sampai pelosok Indonesaia amin

    BalasHapus
  30. Mati listrik itu tidak enak dan bisa merusak peralatan elektronik. Apalagi jika matinya tanpa pemberitahuan dan berulang kali. Wajar jika pelanggan kesal karena tarif terus naik namun peningkatan kualitas layanan tidak banyak berkembang.

    BalasHapus
  31. Listrik salah satu kebutuhan penting bagi manusia modern. Sedih mengetahui masih ada yang tak teraliri oleh listrik.

    BalasHapus
  32. Mantab PLN terus berinovasi dengan berkembangnya berbagai aplikasi...semoga harganya juga dturunkan

    BalasHapus
  33. pln memang kece... jangan sampe jadi pake lilin terus ya mba sadew.. terangi seluruh negeri

    BalasHapus
  34. Sayapun kadang suka risau kalau tetiba ada pemadaman listrik. Dengan terus berinovasi pada programnya, semoga pelayanannya lebih maksimal

    BalasHapus