Senin, 25 Juni 2018

CERITA MAMI HAIDAR RUJUKAN ZAMAN NOW JKN - KIS

Hari pertama menghadiri event setelah libur lebaran 

Hari ini merupakan hari pertama aku beraktivitas setelah libur lebaran 1439H kemarin. Tahun ini merupakan tahun pertama lebaran tanpa Almarhum papa. Walaupun suasana lebaran tahun ini ramai tapi tetap terasa hampa dan sepi tanpa papa. Tapi aku tidak ingin larut dalam kesedihan karena aku tahu semua yang bernyawa pasti akan meninggal kita hanya menunggu saatnya saja.
Lebaran pertama tanpa papašŸ˜­
Saat ini masih ada mama dan adik-adik yang harus aku jaga kedepannya karena aku merupakan anak pertama dari 4 bersaudara. Di depan mama dan keluarga aku berusaha tegar, tidak menunjukkan kesedihanku. Tapi apabila aku terlalu kangen dan merindukan sosok seorang ayah aku hanya bisa mendoakan serta mengingat kenangan indah aku bersamanya.

Papa dan mama yang memiliki penyakit diabetes ini mengharuskan mereka kontrol ke rumah sakit setiap bulannya. Aku suka sedih melihat mama yang harus pergi gelap-gelap di pagi hari untuk mengambil nomor antrian di rumah sakit tingkat pertama guna kontrol penyakitnya. Karena lamanya antrian kadang mama suka membawa bekal ke rumah sakit untuk menunggu lamanya antrian di panggil periksa oleh dokter.

Kami sekeluarga merupakan peserta JKN-KIS dan betapa bersyukurnya aku dengan pelayanan JKN-KIS yang saat ini sudah sangat memudahkan para pesertanya. Mulai dari Mobile JKN sampai saat ini memiliki Rujukan Jaman Now yang mulai direalisasikan pada tanggal 21 Juni 2018 kemarin. Wah ini berita yang sangat bagus untuk mama bahkan masyarakat indonesia peserta JKN yang biasanya harus mengantri lama di rumah sakit.

Rujukan Zaman Now memudahkan peserta JKN - KIS

Di tahun ke5 nya ini BPJS membuat pelayanan sistem rujukan online guna memudahkan semua para pesertanya baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Karena pastinya apabila kita sedang sakit ingin mendapatkan pelayanan yang mudah dan cepat.

Menurut Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, Maya Amiarny Rusady ini, " Di era sekarang, masyarakat mau yang serba mudah dan cepat. Untuk mengimbangi kebutuhan masyarakat tersebut, fasilitas kesehatan harus beradaptasi dengan kondisi zaman now dengan memanfaatkan teknologi rujukan online. Sistem ini diwajibkan bagi semua FKTP yang sudah terhubung jaringan komunikasi internet mulai 21 Juni 2018."

Mobile JKN 

Jadi kita tidak perlu repot-repot lagi tuh bawa kertas rujukan manual kalau sudah ada rujukan online, hanya perlu membawa kartu JKN atau bahkan hanya perlu membawa hp saja apabila kita sudah mendownload JKN Mobile di smartphone. Aku sendiri sudah mendownload JKN Mobile dan disitu ada loh riwayat aku periksa ke FKTP ini memudahkan kita tentunya.

Pada dasarnya prosedur rujukan online sama dengan rujukan manual hanya saja ada beberapa keunggulan yang tidak dimiliki rujukan manual, yaitu :
  • Pertama : dengan sistem rujukan online, peserta JKN - KIS tidak perlu khawatir jika kehilangan atau lupa membawa surat rujukan karena informasi rujukan peserta sudah terekam dalam sistem online, baik di FKTP maupun di rumah sakit. Hanya dengan menunjukkan kartu JKN - KIS, peserta sudah bisa dilayani di FKTP dan FKRTL tempatnya di rujuk.
  • Kedua : data peserta sudah tercatat di database antar fasilitas kesehatan, sehingga pelayanan peserta JKN - KIS pun menjadi lebih cepat karena data tidak perlu di input ulang pada saat pendaftaran, termasuk data diagnosa penyakit yang di derita peserta. Selain itu, peserta JKN - KIS juga mendapat kepastian rujukan ke fasilitas kesehatan yang kompetensinya sesuai dengan kebutuhan medis peserta yang bersangkutan.


Saat ini memang masih masa transisi dimana rujukan manual dalam bentuk kertas masih berlaku, namun rujukan online pun sudah berjalan secara bertahap. Sampai dengan Mei 2018 BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan 20.975 FKTP dan 2.367 FKRTL (rumah sakit dan klinik utama). Dari angka tersebut, sebanyak 18.737 FKTP sudah terhubung jaringan komunikasi datanya dan bisa menerapkan sistem rujukan online. 

Semoga ke depannya sistem rujukan online ini akan meningkat dari waktu ke waktu. "Sistem rujukan online sendiri bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi di fasilitas kesehatan. Nilai plusnya, rujukan online bersifat real time dari FKTP ke FKRTL, serta menggunakan digital documentation dimana data dari P-Care di FKTP langsung terkoneksi ke FKRTL sehingga memudahkan analisis data calon pasien. Selain itu karena paperless, jadi meminimalisir potensi kendala yang terjadi akibat pasien karena lupa membawa surat rujukan." Kata Maya.

Benar-benar memudahkan kita sebagai peserta JKN - KIS. Jadi tidak perlu lagi tuh mama berangkat subuh untuk mengambil nomor antrian karena dengan rujukan online ini sudah ketahuan harus datang jam berapa ke rumah sakit untuk kontrol. Dan pastikan kita mendownload JKN Mobile di smartphone untuk memudahkan kita.

Tentang BPJS Kesehatan,
Instagram : @bpjskesehatan_ri
Facebook : BPJS Kesehatan

28 komentar:

  1. Enak dong bisa online , jadi ga malu-maluin kalau berobat bawa2 kertas banyak hehehe....

    Efek karna merasakan sendiri ribetnya bawa surat apalagi ditambah sambil gendong anak. Antri panjang aduh bikin capek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget sekarang lebih canggih yah tidak perlu bawa kertas rujukan dengan rujukan online ini

      Hapus
  2. Waaaah informasinya penting banget.. aku bookmark ya mba.. biar keluarga juga pada tahu..

    BalasHapus
  3. Iya mbak boleh kok semoga bermanfaat yah informasinya

    BalasHapus
  4. Informasinya bermanfaat banget nih. berlaku di semua kota kan ya mba? Jika iya, aduh bener-bener meringankan.

    BalasHapus
  5. Aku juga Sudah merasakan menggunakan kartu jkn kis ke RSI.pondok kopi mbak, alhamdulillah semua proses lancar dan sudah sehat lagi.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah bpjs udah mulai memperhatikan masalah antrian ini dengan sistem online nya ya... ga kebayang deh kalau para peserta bpjs yang sedang sakit harus ikut antrian panjang yang biasanya ada itu...

    BalasHapus
  7. Infonya membantu sekali, jadi bisa tau nih kalau ada sistem rujukan online. Bisa aku share nih ke teman-teman lain dan keluarga.

    BalasHapus
  8. Udah lama banget nih aku nunggu rujukan online. Rasanya lelah sekali harus fotokopi KTP + kartu BPJS setiap kali berobat.

    BalasHapus
  9. Enak ya sekarang ada BPJS online jadi lebih praktis dan ga ribet,,sek lah tak coba nanti.

    BalasHapus
  10. Informasi berharga nih mbak. Sayangnya kurang sosialisasi yaa kalau tidak mampir ke blog ini gak bakal tau ada info ini. Thank you

    BalasHapus
  11. keren bpjs terus berbenah mengikuti tuntutan kebutuhan masyarakat yang menjadi peserta, aq baru tahu loh ini, harus lebih banyak di sosialisasi informasinya biar masyarakat lebih update lagi.. tfs mbak

    BalasHapus
  12. aku baru tau soal ini, sebelumnya gak pernah urus soal JKN atau BPJS karena selalu diurusin kantor. Dan kemarin sempet nemenin sodara ngurus sendiri betapa ribetnya mba dewi... semoga fitur terbaru ini dapat meringankan beban masyarakat ya.

    BalasHapus
  13. Kehidupan silih berganti, sakit , sehat adalah hal yang biasa. Menjaga Kesehatan harus. Kalau sakit, teknologi membantu kita akan mempersingkat waktu antrian. Maju terus, biar gampang ngapa ngapain

    BalasHapus
  14. Manteb nih bpjs. Selalu meringankan dan mengerti masyrakat. Salut! Thank infonya mba sadew. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  15. informasi yg sgt bermanfaat. Syukurlah skrng udah ada fasilitas online jd ga pake ribet. Cuma kesian buat org2 gaptek tetep pake ribet yaaaa hahahah

    BalasHapus
  16. yeay! akhirnya jadi tambah mudah berobat ke dokter spesialis pakai BPJS!

    BalasHapus
  17. enak ya mbak jaman sekarang serba online.. lebih pratis kalau mau berobat juga

    BalasHapus
  18. Perkembangan teknologi nggak bisa dibendung. Apapun harus mengikuti sikon yang ada pun pelayanan publik ya sebagai ujung tombak kebutuhan masyarakat.

    BalasHapus
  19. Ga cape nunggu saat akan mendapatkan layanan kesehatan ya bunsay kalau ada rujukan on line yang satu ini. BPJS sangat membantu ya...

    BalasHapus
  20. Baru tahu aku, ternyata bisa online juga ya

    BalasHapus
  21. Semakin kekinian dan semakin memudahkan ya sekarang. Tapi klo untuk orang tua, mudeng gak ya? Kayaknya mereka akan lebih mudah pakai cara lama ya.

    BalasHapus
  22. Rujukan online ini berlaku di seluruh Indonesia atau hanya Jakarta mbak dewi...pengen tanya kalau misal beda kota misal dari garut ke Jakarta atau dari ponorogo ke jakarta bisa online jugakah?

    BalasHapus
  23. wahh lengkap banget infonya, makasih mba Dewiii...

    BalasHapus
  24. Swmua yang serba online, menihilkan kehilangan data yg berupa hard copy

    BalasHapus
  25. Wah enak nih udah online ya, apalagi riwayat pemeriksaan kita juga udah online, jd dokter yg di tempat rujukan, bs langsung baca :)

    BalasHapus
  26. Sekarang udah ada onlinenya ya. Semakin dipermudah nih mengurusnya. Makasih infonya mbak. Moga BPjS JKn makin maju.

    BalasHapus