Selasa, 08 Mei 2018

DANONE TEMPAT KERJA YANG MENYENANGKAN UNTUK PARA MILENIALS

DANONE INDONESIA

Apa yang kalian pikirkan apabila mendengar kata diatas? Kalau aku sih langsung berpikir AQUA. Yups pasti banyak banget yang berpikir DANONE = AQUA. Jangan kan DANONE = AQUA, kalau di tanya air kemasan pasti sebagian dari kita menjawab AQUA. Yes karena AQUA tuh sudah lama banget yah ada di Indonesia dan merupakan air minum kemasan yang sangat dipercayai masyarakat Indonesia.

Akupun begitu bahkan aku, suami dan Haidar tidak akan minum atau membeli dulu ke warung apabila air isi ulangnya bukan AQUA. Mungkin bagi sebagian orang aku lebay atau sok steril tapi memang rasa air minum AQUA dengan air isi ulang lainnya tuh berbeda loh. Mungkin karena sudah terbiasa kali yah. Nah kali ini aku tidak hanya ingin membahas AQUA tapi aku akan mengulas lebih dalam tentang Danone Indonesia.

Beberapa waktu lalu aku melihat di instagram Nutrisi UntukBangsa ada pendaftaran DISCOVERING TALENT MANAGEMENT DANONE. Sebagai konsumen Danone pastinya aku tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang berharga ini. Langsung saja aku mendaftar dengan mengisi form pendaftaran dan alhamdulillahnya aku terpilih menjadi salah satu peserta acara yang dilaksanakan di Danone Academy Indonesia, lantai 9, Cyber 2 pada tanggal 08 Mei 2018 hari ini.

Karena antusiasnya aku mengikuti acara yang baru dimulai pukul 11.00 ini aku berangkat dari rumah pukul 09.00 naik kereta, maklumlah kita kan warga luar negeri (Bekasi), hehehehe. Dengan menerjang kereta di pagi hari aku berangkat penuh dengan semangat. Karena baru pertama kali ke Danone aku lanjut naik ojek online dari stasiun dan begitu sampai di Cyber 2 aku menitipkan KTP untuk ditukarkan dengan tanda visitor.


Minuman kesukaan yang bikin semangat lagi dari Danone Indonesia

Lucu nya lagi aku salah naik lift, aku naik lift ke lantai dengan nomor tinggi, akhirnya aku turun lagi dan bisa juga naik ke lantai 9. Setelah sampai di Lantai 9 yang instagrammable banget bagiku ini,aku langsung menaruh tasku di dalam ruangan dan aku bergegas untuk mengambil minuman Mizone untuk menyegarkan kondisi tubuhku yang sudah berjuang di dalam kereta dari Bekasi.

Melihat display produk-produk Danone Indonesia

Setelah meminum Mizone yang rasa LycheeLemon aku kembali segar dan langsung melihat-lihat produk Danone yang ada di lantai 9 seperti Lactamil, SGM Eksplor, SGM Bunda, Vit levite, Mizone, Bebelac, Nutrilon dan yang lainnya. Wow ternyata banyak banget kan produk dari Danone Indonesia ini bukan hanya Aqua saja. Makanya aku bersyukur sekali bisa main-main ke Danone karena lebih mengenal Danone lagi karena ada pribahasa tak kenal maka tak sayang.
Sesi perkenalan para blogger

Setelah puas minum Mizone, melihat produk yang di display, makan siang, shalat dzuhur langsung lah acara dimulai dengan Mc yang super garing tapi kocak yaitu Mas Taufan. Acara dimulai dengan perkenalan sesame Blogger tapi perkenalannya unik yaitu setiap huruf depan dari nama kita harus disebutkan karakter kita juga misalnya aku Sadewi = Smart dan seterusnya.
Arif Mujahidin - Corporate Communications Director Danone Indonesia

Begitu kami sudah berkenalan satu sama lain acara dilanjutkan dengan perkenalan Danone Indonesia oleh Bapak Arif Mujahidin – Corporate Communications Director Danone Indonesia mengatakan, “ Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk membawa kesehatan melalui makanan dan minuman, kami ingin misi kami ini dapat memberikan dampak positif kepada sebanyak mungkin orang, dari segala usia, lingkungan social & budaya yang berbeda, termasuk karyawan kami. Kami percaya talent management adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan bagi lebih dari 15.000 karyawan Danone Indonesia yang berasal dari tiga unit bisnid kategori yaitu Air Minum dalam kemasan dan Minuman Non Karbonasi, Nutrisi untuk awal kehidupan ( Early Life Nutrition) dan nutrisi medis agar mereka dapat terus berkontribusi membawa misi kami ke lingkungan sekitar mereka.”

Dalam membuat produk-produknya Danone selalu memikirkan kesehatan masyarakat dan lingkungan (planet). Produk Aqua sendiri sudah ada sejak 42 tahun yang lalu. Produk Danone yang terbaru adalah Teh dalam kemasan yaitu Teh Cahaya, berbeda dengan the kemasan pada umumnya, Teh cahaya ini rendah sekali kadar gulanya.

Dibidang social Danone mempunyai program bersama pemulung dalam pengumpulan sampah plastic dan pastinya para pemulung ini sudah di cover BPJS, ada juga rumah tempe di Klaten, tempe yang dibuat di rumah tempe ini pastinya sehat. Bahkan di bidang olahraga juga Danone membuat Danone Nationals Cup yang terdiri dari U10-12. Keren banget yah program-program sosialnya Danone Indonesia ini.

Bukan hanya itu saja tapi Danone Indonesia juga memastikan karyawannya agar dapat terus berkembang. Ini adalah beberapa inisiatif yang dilakukan Danone Indonesia sebagai bentuk talent management bagi karyawannya :

1.       Jaguar Program : Danone memberikan kesempatan bagi karyawannya yang berada di tingkat manager untuk terlibat dalam proyek antar Negara
2.       Endeavor Program : adalah program pengembangan karyawan untuk menduduki posisi manager
3.       International Assignment : secara regular kami mengirimkan karyawan kami ke perusahaan Danone di Negara lain, untuk mendapatkan internasional. Dengan internasional assignment ini, mereka dapat membangun karirnya di lingkup yang lebih luas
4.       Talent Assessment and Development : untuk memastikan bahwa talent yang kita miliki sesuai dengan kriteria standar yang ditetapkan oleh Danone secara Global, kami melakukan penilaian dan mapping seluruh karyawan Danone Indonesia yang kemudian dikalibrasi oleh talent committee di tingkat department, business unit dan Negara (cluster)
5.       Management Trainee : adalah program percepatan jalur karir, bagi para fresh graduate untuk menjadi pemimpin perusahaan, dimana mereka akan mendapatkan pelatihan, dukungan, pengembangan diri dan terlibat dalam proyek-proyek menantang. Setiap tahunnya, kami merekrut sekitar 60 management trainee dari universitas terbaik dari dalam maupun luar negeri dengan penempatan di department yang berbeda. Pelamar untuk program ini meningkat setiap tahunnya, tahun lalu kami menerima lebih dari 40.000 pendaftar untuk program ini.

Selain talent management diatas Danone juga sangat aware dengan karyawan perempuannya untuk tetap berkarier secara cemerlang dengan tetap meperhatikan kesejahteraan keluarga. Ini dibuktikan dengan Parental Policy yang dikeluarkan dalam bentuk cuti melahirkan 6bulan bagi karyawan wanita dan 10 hari bagi karyawan laki-laki yang istrinya melahirkan. Dan Danone merupakan perusahaan pertama yang memberikan cuti melahirkan selama 6bulan.
Evan Indrawijaya - HRDirector Danone Indonesia

“Danone menyadari bahwa 1000HPK adalah masa keemasan anak agar mereka tumbuh optimal. Parental Policy kami keluarkan untuk mendukung upaya pemenuhan hak perempuan dan anak atas pengasuhan dan tumbuh kembang yang baik dan sebagai upaya mendukung kualitas generasi Indonesia di masa depan,” ujar Evan Indrawijaya, HRDirector Danone ELN Indonesia.

Danone sendiri mengenal 2 project yaitu : bisnis akan maju apabila di dukung dengan sosila yang kuat pula da nada program 1000pelangi yaitu program peningkatan gizi bagi karyawan. Dengan adanya 15.000 karyawan yang ada di Indonesia menurut Danone adalah setiap karyawan unik dan Danone memberikan kesempatan untuk berkembang tanpa membedakan gender.
Gustavo Hildenbrand - General Manager Nutricia Sarihusada

Meskipun saat ini dari 15ribu karyawan Danone Indonesia terdiri dari 85% pria dan 15% wanita. Menurut Gustavo Hildenbrand – General Manager Nutricia Sarihusada, “Saya melihat dengan dukungan dan bimbingan, karyawan kami dapat bertanggung jawab untuk membentuk karier mereka sendiri dan berkontribusi terhadap kinerja bisnis. Selain itu, saya juga menyadari bahwa karyawan yang bergabung di Danone memiliki tujuan lebih daripada sekedar bekerja, yaitu untuk belajar dan berkontribusi pada dunia yang lebih sehat. Saya berharap, dengan apa yang kami lakukan dapat menginspirasi karyawan untuk terus berkontribusi pada dunia yang lebih sehat serta berdampak juga terhadap masyarakat luas.”
Corine Tap - President Direktur Danone - AQUA

Berbeda dengan Gustavo, Corine Tap – President Direktur Pt Tirta Investama ( Danone-AQUA ) yang seorang wanita ini mengatakan, “Keberagaman merupakan bagian dari budaya perusahaan karena kami percaya bahwa latar belakang karyawan yang beragam dapat mendorong organisasi untuk lebih maju dan sehat. Di Danone Indonesia kesempatan untuk berkembang tidaklah berbatas pada jenis kelamin baik pria maupun wanita. Saya adalah presiden direktur perempuan yang sangat merasakan dukungan yang diberikan oleh Danone Indonesia dalam mengembangkan karier saya.”
Seperti kita sering mendengar istilah kesuksesan seorang pria pasti ada wanita hebat dibelakang nya, begitupun dengan kesuksesan seorang wanita pasti ada pria hebat dibelakang nya. Jadi dukungan pasangan untuk para wanita bekerja sangatlah dibutuhkan. Aku jadi pengen kerja di Danone Indonesia dengan lingkungan kerja di Danone yang begitu kekeluargaan.
Meet the talents Danone

Pada kesempatan kali ini kita juga diberikan kesempatan meet the talents dari Danone Indonesia ini, ada Mbak Uci (senior brand manager nutricia), Mbak Jovita (supply chain network optimization) dan Mas Dedy (head of commercial finance). Mereka ini yang sudah merasakan dukungan berkarier di Danone Indonesia.

Mbak Uci sudah diberangkatkan ke China, disana beliau belajar bagaimana cara marketing di China dan Mbak Jovita juga pernah ke Spanyol untuk kompetisi bola Danone sedunia sedangkan Mas Dedy dulunya bekerja di Danone Singapura sekarang ingin mengembangkan karier di Danone Indonesia. Bahkan yang aku lihat kerja di Danone Indonesia ini santai, karyawan nya bisa menggunakan jeans saat bekerja.

Setelah meet the talent kami berkesempatan untuk mengunjungi kantor Danone Indonesia. Di lantai 15 ini ada ruangan laktasi untuk ibu menyusui, ruangan nya sangat nyaman dan tersedia lemari pendingin untuk menyimpan ASI mereka. Lalu di satu ruangan akan dijadikan Day Care pada saat bulan puasa nanti, disini Danone mengantisipasi para asistent rumah tangga yang pulang kampung sehingga karyawan bisa membawa buah hati mereka dan dititipkan di Day Care ini.
Tempatnya kece banget DanLaunge di Danone ini

Selain itu juga di Danone Indonesia ini ada klinik da nada dokternya, disini mengantisipasi apabila ada karyawan yang sakit. Ada satu ruangan yang aku suka banget di Danone Indonesia ini yaitu ruangan DanLaunge.Di ruangan ini karyawan disediakan berbagai cemilan untuk memenuhi nutrisi mereka misalnya tadi ada kacang hijau dan juice. Bahkan di ruangan ini juga di sediakan tv dan ps sehingga karyawan bisa bermain PS.
Snack di Danone untuk karyawan

Selain bermain PS karyawan juga bisa berkaraoke karena disediakan alat music lengkap disini, tempat duduk untuk sekedar bersantai-santaipun sangat nyaman. Danone benar-benar tempat yang nyaman untuk bekerja. Bukan hanya nyaman tapi juga tempat kerja menyenangkan. Pasti banyak dong yah yang ingin kerja di Danone Indonesia karena lingkungan kerja di Danone sangat kekeluargaan.

Nah untuk mengetahui info lowongan pekerjaan di Danone Indonesia bisa dengan melihat info resmi di Instagram Danone Indonesia DancommunityID serta Danone Indonesia hanya memiliki akun domain atau email yang belakangnya @danone.com. Dan yang harus diingat Danone Indonesia tidak meminta uang sepeserpun untuk perekrutan karyawan ini karena semua akomodasi ditanggung oleh Danone Indonesia.

Karena sudah banyaknya penipuan yang mengatasnamakan Danone Indonesia diharapkan dengan ini kita jauh lebih cerdas lagi dalam memilih informasi, astikan dulu kebenarannya di akun resmi Danone Indonesia. Wah seneng banget deh hari ini aku banyak dapat ilmu dan informasi yang sangat bermanfaat dari Danone Indonesia dan dapat bonus foto bersama Bapak Gustavo yang lebih ganteng dari Hamish Daud.hehehe
Pic by email NUB

44 komentar:

  1. kalo umur kaya kita masih bisa join gak yah mba dewi? xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita kan masih muda mbak.hehehe

      Hapus
  2. Seru banget yah edukasi dari Danone ini, jadi tambah banyak pengetahuan. Makasih sharingnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama kakak, aku juga nambah ilmu pulang dari sana

      Hapus
  3. Senang ya kalau perusahaan mengapresiasi anak buahnya ke jenjang lebih tinggi. Karena perusahaan yang mengajak tumbuh dan berkembang bersama itu keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak git, jadi pengen kerja di danone kan

      Hapus
  4. Tempat kerja idaman banget iniiii
    Kalo kantor ngasih perhatian extra buat keluarga, bisa dipastikan kinerja bakal tokcer
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. idaman banget emang jadi pengen kerja disana kan

      Hapus
  5. Aku penasaran banget sama rasanya Teh Caaya.
    Namanya lucu, gemas. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak rasa teh nya, tidak begitu manis kakak

      Hapus
  6. pasti pada galfok yaaa pas ada Babang Gustavo yg lebih ganteng dari babang Hamish Daud hahha Btw, saya juga pernah berkunjung ke kantornya danone dan unit CSR nya yg berupa tempat pengeloahan limbah botol plastik. Keren emang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget galfok tapi bersyukurnya bisa foto bareng yah kita

      Hapus
  7. Wah enak banget ya tempat kerja impian banget di Danone

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kakak aku juga jadi mupeng pengen kerja di danone

      Hapus
  8. Enak nih kerja di perusahaan internasional...gayanya juga gak formal banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya enak banget pas buat anak jaman now

      Hapus
  9. Pernah diundang danone dulu, memang rnak sistem cuti melahirkan termasuk buat suami yang istrinya melahirkan, aku pelanggan setia danone yaitu aqua

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dong aku juga pelanggan setia aqua dan emang cuti melahirkan 6bulan bikin mupeng

      Hapus
  10. Ya ampuuuunn ku kira ini bukan untuk umummmm, jadi aku abai sama invitation yang digencarin di medsoa. Huhuhuhuu..

    Temenku kerja di Danone dan yaaa.. Emang asik beut untuk kesejahteraan karyawannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampun sayang banget kakak padahal seru banget bisa dapat kesempatan berharga ini

      Hapus
  11. Wah enak nih Danone, karena perusahaan internasional, jadinay pegawainya bs juga diberi tugas di kantor negara lain ... Mancabhss! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi makin bisa mengembangkan sayap yah kakak para karyawannya

      Hapus
  12. Jenjang karir dan pelatihannya mantap banget ya di Danone apalagi bisa punya kesempatan kerja di negara lain, bener2 kantor impian

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya impian banget aku juga jadi pengen kerja di danone

      Hapus
  13. *brb cari lowongan di Danone* hihihi

    BalasHapus
  14. Kantor Danone emang ketje

    BalasHapus
  15. beberapa sodaraku yg millenials juga kerja di sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren kakak bisa kerja disana sodara nya

      Hapus
  16. Kantor yang memperhatikan kemajuan karyawan pasti deh bikin betah sehingga loyal.Lihat lowongan danone ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk kita lihat barengan lowongan danone

      Hapus
  17. kalau di danone bisa selesain kerjaannya sambil dibawa maen ga sih? hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya sih bisa kan ada ruangan khususnya mas

      Hapus
  18. kalo aku lamar kira-kira diterima ga ya?

    BalasHapus
  19. Temennya suamiku ada nih yg kerja di Danone :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren nih mbak bisa kerja di danone

      Hapus
  20. Yang kerja di danone pasti awet tuh, jenjang kariernya menggiurkan

    BalasHapus
  21. Woowww parental policynya bikin iriiiii semua ibu bekerja nih. Di tempat aku cuma di kasih cuti 3 bln.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makanya aku pengen kerja di danone, dulu juga ditempat aku kerja cuti melahirkannya cuma 3bulan

      Hapus
  22. pernah ke sini sekali tapi hanya di 1 lantai aja, aku jadi tau ternyata produk danone banyak banget

    asik banget kerja di danone nih, nerima freelance gak yaaaa

    BalasHapus
  23. Asyik ya tempat kerjanya. Nggak bikin bosen pastinya. Coba ditiru sama office yg lainnya. Kan asyik ya

    BalasHapus