Langsung ke konten utama

MENULIS LAH DENGAN RASA CINTA

"Menulis itu soal rasa, temukan rasamu dan jagalah"

Begitulah kutipan Dini Fitria di acara "Menulis Dengan Cinta" yang dilaksanakan komunitas ISB kemarin. Kutipan ibu beranak dua ini membuat aku berfikir keras bagaimana caranya menulis dengan rasa. Aku mencoba mengulik dan membaca kembali tulisan aku di blog sebelumnya. Memang sepertinya tulisan aku kok kebanyakan endorse dan terkesan datar yah.

Di dalam hati kecil aku sebenarnya ingin sekali bisa menuliskan blog yang ada rasanya dan pastinya disukai para pembaca. Mungkin terlalu berlebihan apabila tulisan aku bisa seperti tulisan mantan wartawan ini. Tapi setidaknya aku hanya ingin tulisan aku dapat dibaca oleh pembaca dengan rasa cinta di dalam nya. Karena apabila kita sudah memasukkan cinta di dalam tulisan kita tidak akan merasa bosan, jenuh, bingung dan beban dalam menulis.
Bangga banget bisa foto dengan perempuan minang, ibu 2 orang anak, penulis 3 novel best seller trilogi cinta

Beruntungnya aku dapat langsung belajar dengan ahlinya bagaimana menulis dengan cinta bersama penulis novel Islah Cinta ini. Sungguh kesempatan yang luar biasa karena dari banyak nya peserta yang mendaftar aku terpilih menjadi salah satu peserta yang beruntung dari sekian banyak peserta yang mendaftar. Dengan perasaan yang teramat sangat bahagia aku datang ke workshop yang bertepat di kantor BliBli.com ini dengan menempuh kereta dari Bekasi. Walaupun hari itu matahari terasa di atas kepala tapi tidak menyiratkan niat aku untuk belajar.

Setelah berdesak-desakan di kereta dan ditambah berpanas-panasan di Ojol sampailah aku di lokasi acara. Ternyata sudah banyak peserta yang hadir di workshop ke2 ini. Seperti aku pastinya para peserta ingin mendapatkan ilmu bagaimana agar menulis di blog bukan hanya sekedar menulis tapi kita sisipkan sedikit rasa yaitu rasa cinta. Bukan hanya cinta pada anak, suami dan keluarga saja loh ternyata menulis juga harus dengan cinta. Apabila kita mencintai pasti kita akan happy menjalaninya. Seperti aku mencintai anak laki-laki aku sehingga aku ingin terus bersamanya begitupun juga dengan menulis.
Sedang berbagi ilmu, subhanallah sudah cantik, pintar, ramah dan suka berbagi

Menurut wanita minang ini di sebuah tulisan kita itu harus ada 5W1H kalaupun tidak ada 5W paling tidak 2W1H yaitu Why, What dan How. Maka dengan adanya 2W1H ini dan sedikit kita merangkai kata maka kita akan mendapatkan rasa di dalam tulisan kita ini. Karena pembaca butuh bacaan yang bermanfaat, memotivasi dan menggerakkan ke arah yang lebih baik. Sebagai penulis pasti ada kebanggaan yang luar biasa apabila tulisan kita dapat menginspirasi pembacanya. Pastikan juga kita tidak menasehati pembaca karena pembaca tidak suka di nasehati. Pembaca mungkin sama seperti kita, kita juga tidak mau kan dinasehati oleh orang lain yang belum kita kenal. Lebih baik menasehati diri kita sendiri dan yang penting lagi jangan banyak typo.

Bahkan menurut mantan presenter dan produser salah satu televisi swasta ini pastikan point of view dari tulisan kita tidak terlalu jauh dan dapat menyentuh para pembaca. Ushakan di setiap tulisan kita terdapat banyak diksi dan edutainment yaitu mengedukasi dan menghibur karena ada juga pembaca yang ingin membaca tulisan seperti sebuah di dongengi. Jangan kan pembaca Haidar (5tahun) saja paling suka kalau aku dongengin sebelum tidur.
Ke3 buku yang menjadi best seller
Pic : Ig @dinifitria_author

Aku percaya sekarang semua bisa dilakukan dengan cinta apabila ada niat dan kesungguhan kita untuk belajar. Karena menulis juga butuh proses semakin kita sering melakukan nya kita akan semakin terlatih. Dan satu lagi pesan dari wanita yang telah menulis 3novel best seller trilogi cinta ini sebagai penulis kita harus sering dan rajin MEMBACA karena dengan membaca kita akan kaya dengan kosa kata kita. Walaupun masih banyak kekurangan dalam tulisan aku ini aku akan terus dan terus belajar.

Semoga tahun ini My Big Wish aku bisa terwujud yaitu bisa menulis dengan rasa seperti Dini Fitria. Ngomong-ngomong soal My Big Wish acara kemarin juga disponsori oleh BliBli.com dan Zoya Cosmetics. Siapa sih yang tidak tau Blibli.com? Blibli.com adalah sebuah mall online yang menjual segala kebutuhan konsumen nya. Mulai dari kosmetik, snack dan kebutuhan rumah tangga. Yang menariknya Blibli.com saat ini sedang ada program My Big Wish yaitu setiap belanja kita mendapatkan token, token tersebut nantinya akan diundi untuk mendapatkan hadiah-hadiah kece seperti mobil, liburan keluar negeri selama 1tahun serta masih banyak lagi.
Makin cantik di make up oleh make up artis Zoya Cosmetics 

Akupun semakin cantik di acara yang keren ini karena mendapatkan kesempatan yang luar biasa yaitu menjadi model dari make up artis Zoya Cosmetics. Kalau boleh cerita sedikit aku tuh seorang wanita yang tidak pernah make up kecuali di saat nikah dan menjadi among tamu pada saat keluarga ada yang nikah kalau sehari-hari pakai bedak pun tidak. Kenapa aku tidak suka make up karena memang tidak bisa.hehehe. Kalau di make up in sih ok lah yah.hehehe. Ternyata benar loh make up dari Zoya Cosmetics ini sangat ringan di wajah aku. Terima kasih Zoya karena telah membuat aku cantik. Memang selama ini aku juga memakai Brand Zoya untuk atasan dan jilbab-jilbab aku. Seperti kemarin aku juga pakai atasan dari Zoya. Makin cantik deh yah aku kemarin karena Zoya dan Zoya Cosmetics.

Komentar

  1. Kesempatan bagus ya bisa hadir di workshop ini. Mbak Dini begitu lugas dan jelas memberikan tips menulis features dengan cinta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba bersyukur banget bisa hadir dan dapat ilmu dari Mba Dini

      Hapus
  2. cantiiik... kece deh dapet kesempetan dimakeover MUA handal... tapi isi materinya juga keren ya, berfaedah banget buat blogger, thanks for sharing ya Dew

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih jadi malu, makasih kak, iya materinya bagus banget dari Mba Dini

      Hapus
  3. cakeppp bgt sih mba Deww... #salfok ;p.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kakak Zata yang tidak kalah cantik.hehehe

      Hapus
  4. Kecee... Kayaknya workshop menulis dengan cinta nya berhasil nih... Tulisanmu yang ini keren loh mbak... Ngalirrrr...

    BalasHapus
  5. Menulis dengan cinta akan menghasilkan tulisan yg berkualitas dan berkelas. Semoga saya jg bisa demikian mba, hehe

    BalasHapus
  6. Belajar sambil silaturahmi dan banyak hadiah pula :)

    BalasHapus
  7. Asyikkk, sudah dapat ilmu tentang rasa dalam menulis. Ehh dapat kesempatan foto bareng juga masih juga ditambah dimakeup in sama MUA yang sudah banyak pegang artis xixi. Zoya emang recommended deh, akupun sudah memakainya dan akan menjajal lagi yang lain, pas banget mbak sama wajah kamu yang sudah ayu dari sono nya hehe

    BalasHapus
  8. Beda rasanya kalau kita menulis dari hati dan menulis hanya sekedar menyelesaikan kewajiban saja, hasilnya akan terlihat. Setiap orang memiliki bakat untuk menulis, asalkan mau terus mengasah kemampuannya dan konsisten.

    Semoga aku juga bisa selalu menulis dari hati dan dengan cinta.

    BalasHapus
  9. aamiin semoga tulisannya makin cantik ya ditulis dgn cinta

    BalasHapus
  10. Gampang-gampang suah ya menulis dengan rasa, apalgi kalo hati lagi not in the mood. Kudu banyak-banyak berlatih nih biar menulisnya bisa kena di hati pembaca. Thanks for sharingnya ya, anyway boleh tuh hasil MUAnya Zoya...keren euuy.

    BalasHapus
  11. Aku juga kemarin sempet ikutan yg batch 1 dan belajar banyak dari mba dini. Emang rasa dalam tulisan itu penting

    BalasHapus
  12. Inspiratif banget tema yg dibawakan mba Dini. Saya saja sampe serius banget dengerin. Asyik gitu cara penyamapaiannya

    BalasHapus
  13. Wahh mau ikutann.. semoga next ada waktunya gak bentrok.

    BalasHapus
  14. Wah hasil makeupnya bagus dan natural banget ya mba. Ilmunya juga keren harus ada rasa ya dalam tulisan.

    BalasHapus
  15. Semoga my big wish-nya tercapai yaa mbak dewi.. alhamdulillah, ilmu dari workshop kemaren bener2 bikin seger ya.. apalagi abis dimake-up sama MUA jadi dah photoshoot hahay..

    BalasHapus
  16. Terima kasih untuk kehadirannya di Blibli.com. Semoga workshopnya berfaedah penuh manfaat :)

    BalasHapus
  17. Keren banget ya mba, dpet ilmunya dpet pula jadi artis dadakan.. kerennn

    BalasHapus
  18. Menang banyak nih ilmundapat cantik dapat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RE-RICE MEMBUAT BERAS HIDUP DAN SEHAT

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Hampir sebagian besar orang Indonesia mengkonsumsi nasi. Bahkan banyak orang yang beranggapan kalau belum makan nasi perut belum kenyang padahal itu hanya sugesti kita aja kali yah. Nasi berawal dari beras dan beras yang baik akan menghasilkan nasi yang baik pula untuk kesehatan tubuh kita. Karena kesehatan di awali dengan apa yang kita konsumsi. Belakangan ini marak sekali beras yang tidak baik di jual di pasaran. Mulai dari beras yang pakai pemutih dan bahan berbahaya lain nya. Harga beras akhir-akhir ini sangat tinggi sehingga membuat para produsen mengakali nya dengan mencampur bahan berbahaya agar tetap mendapatkan untung yang besar tanpa memikirkan kesehatan para konsumen nya. Sebagai ibu peran kita sangat penting untuk menjaga kesehatan keluarga kita karena kita yang biasa membeli dan memilih beras serta makanan lain nya untuk keluarga kita. Beras digiling dengan Re-Rice dan Beras yang kita bawa dari rumah Sebagai ibu kita

KESALAHAN AKU DI MASA LALU

Malam ini aku lagi tidak bisa tidur. Tidak tau kenapa hati dan pikiran tuh lagi kepikiran tentang masa lalu. Masa lalu dimana aku pernah kehilangan malaikat kecilku. Awalnya aku seorang wanita karier tapi semua itu aku lepas demi si kecil. Pengalaman adalah guru yang paling berharga, mungkin kata-kata itu tepat buat aku. Setelah kehilangan anak pertama aku M. Rafa Ramadhan aku lebih award kepada diri aku sendiri dan keluarga. Sebagai seorang wanita aku sangat bersyukur karena tidak lama setelah menikah aku langsung di berikan kepercayaan untuk menjadi ibu. Walaupun itu tidak lama, aku hanya diberikan waktu 10hari untuk mengurus Rafa karena pemilik Rafa lebih sayang kepadanya jadi Rafa di panggil lagi oleh sang khalik. Di saat hamil Rafa Semua itu mungkin karena kesalahan aku dan keegoisan aku. Selama hamil Rafa aku terlalu sibuk dan cuek. Padahal dari awal kehamilan aku sudah diberikan tanda-tanda tapi aku kok yah cuek aja. Misalnya dari awal hamil Rafa aku selalu ngeflek dan

MEWUJUDKAN RESOLUSI DI TAHUN 2018 DENGAN OBIDA

Hari-hari berlalu begitu cepat, tidak terasa sudah memasuki penghujung bulan januari tahun 2018 ini. Perasaan baru kemarin saya menjadi seorang ibu, sekarang usia si kecil sudah memasuki 5tahun yang sebentar lagi akan memasuki dunia sekolah. Bersama suami dan si kecil Menjadi seorang istri dan ibu pasti sangat membahagiakan bagi setiap wanita begitupun dengan saya. Awal nya saya adalah anak yang manja dan selalu bergantung pada mama tapi sekarang malah menjadi seorang mama yang justru menjadi tempat ber manja ria bagi makhluk kecil bernama anak. Sejak menjadi seorang ibu, ada banyak perubahan yang terjadi pada saya, mulai dari kebiasaan, sikap hingga sifat saya. Dalam hal konsumsi makanan misalnya, dulu saya tidak suka sayur dan selalu makan sembarangan. Misalnya jajanan di jalan seperti gorengan sudah menjadi makanan favorit saya. Karena gorengan di pinggir jalan itu menurut saya jauh lebih enak dibandingkan dengan gorengan yang saya buat sendiri di rumah. Tetapi setelah me