Minggu, 04 Maret 2018

BANGUN INDONESIA DENGAN SARAPAN SEHAT

Setiap weekend aku selalu memberikan waktu yang lebih untuk Haidar (5tahun). Sebisa mungkin aku tidak mengambil acara saat weekend. Karena menurut ku quality time bersama si kecil itu sangat perlu. Oleh karena itu kalau weekend adalah waktunya Haidar.

Seperti hari minggu ini 04 Maret 2018 misalnya aku mengambil acara tapi yang berkaitan dengan Haidar. Kebetulan aku di undang dari pihak Nestlé untuk menghadiri acara "Ayo Bangun Indonesia Dengan Sarapan Sehat" dan aku bersedia hadir karena dapat mengajak Haidar ke acara ini. Acara ini di adakan saat CFD di Sarinah Jakarta.

Kami berangkat pukul 06.00 dari rumah, kebetulan rumah kami di daerah Bekasi jadi kami naik kereta dan dilanjut dengan Ojol menuju Sarinah. Haidar yang biasanya agak malas bangun pagi tapi kali ini berbeda dia tampak semangat sekali. Karena yang dia tau hari ini mau naik kereta dan dapat koko krunch makanan kesukaan dia. Karena kami berangkat cukup pagi sehingga aku tidak sempat memberikan Haidar sarapan di rumah.
Selalu sedia koko krunch bar dimana pun dan kapan pun seperti di kereta ini misalnya

Walaupun belum sarapan di rumah tapi aku membawa bekal untuk Haidar sarapan yaitu koko krunch bar dan susu milo UHT. Kereta yang kami tumpangi agak lama sehingga membuat Haidar bosen di dalam kereta. Lalu aku mencoba menawarkan Haidar koko krunch bar, Haidar pun langsung lahap makan mungkin karena lapar kali yah....hehehehe.

Singkat cerita aku dan Haidar sampai lah di gedung Sarinah dan disana sudah ada berdiri tenda-tenda Nestle atau booth dari Nestlé mulai dari milo, kokokrunch, nescafe, dancow, serelac dan sebagainya. Bahkan di acara Ayo Bangun Indonesia ini kita juga bisa membeli sarapan sehat seharga 20ribu. Ada 3menu yang bisa kita pilih, mulai dari sandwitch, sereal dan nasi goreng. Haidar sendiri memilih sereal yang terdiri dari kokokrunch, potongan buah pisang dan strawberry, kacang almond dan susu dancow. Semua itu di kemas dengan tempat makan dari Nestlé yang lucu dan pastinya memudahkan kita dalam memberikan gizi seimbang karena sudah ada takaran nya di tempat makan.
Menu sarapan dan kotak makan unik dari Nestlé

Dengan membeli paket 20ribu kita bukan hanya mendapatkan paket sarapan saja tapi kita juga bisa berfoto lucu di booth-booth Nestlé. Bahkan kalau kita upload ke instagram dengan hesteg #ayobangunindonesia kita juga bisa mencetak foto kita loh, keren kan... Setelah puas foto dan berkeliling booth Nestlé aku pun mengikuti confrensi press.

Foto booth di nescafe dan koko krunch

Ternyata Nestle membuat acara ini untuk memperingati perayaan Pekan Sarapan Nasional (PESAN ) 2018 yang jatuh pada tanggal 14-20 Februari. Ayo Bangun Indonesia adalah komitmen Nestlé untuk terus mendukung masyarakat Indonesia menerapkan perilaku sarapan sehat dengan gizi seimbang dan gaya hidup aktif guna mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif.
Pic by Uci

Hadir di acara ini ahli nutrisi dan ketua PERGIZI PANGAN Inodnesia Prof. Dr. Ir. Hardinsyah serta beberapa publik figure seperti Meisya Siregar, Nola B3, Sissy Priscilia dll. Serta ada juga penampilan dari Naura. Menurut Prof. Dr. Ir. Hardinsyah "Data pada tahun 2012 menunjukkan bahwa 17-59% siswa sekolah dsn remaja serta 30,2% wanita dewasa tidak biasa sarapan. Untuk kualitas sarapan, 45% anak sekolah belum memenuhi kebutuhan gizi sarapan, 70% belum memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral sarapan, serta 90% belum memenuhi kebutuhan serta sarapan". Tapi selama 5tahun ini kebiasaan sarapan di kalangan siswa sekolah dasar di Indonesia meningkat.

Karena sarapan sangat penting untuk anak-anak kita selain untuk kesehatan nya juga bermanfaat untuk daya ingat nya di sekolah. Apabila kita melewatkan sarapan akan mengganggu produktivitas karena tubuh akan cepat lelah, tidak berenergi, susah berkonsentrasi serta meningkatkan risiko naiknya berat badan.

Agar kita mendapatkan manfaat yang maksimal dari sarapan kita harus memperhatikan 6J dalam mempersiapkan sarapan sehat dan gizi seimbang, yaitu:

  1. Jenis makanan dan minuman pada sarapan : karbohidrat, protein (lauk pauk), sayur, buah dengan minuman (air putih, susu, teh, jus atau kopi)
  2. Jumlah pangan sesuai dengan anjuran memenuhi sekitar 1/4 kebutuhan gizi harian
  3. Jadwal sarapan dalam kurun waktu dua jam setelah bangun tidur, dianjurkan sebelum jam 9pagi
  4. Jurus mengolah : dianjurkan pengolahan pangan tidak rumit dan menghemat waktu agar kandungan zat gizi pada makanan tidak banyak yang hilang
  5. Jurus menyiapkan : penyajian yang menarik agar menggugah selera dan variasi makanan agar tidak bosan
  6. Jurus mengkonsumsi : tidak makan tergesa-gesa, sambil berjalan atau berlari
Simbolis peluncuran buku
Pic by Uci

Acara Ayo Bangun Indonesia 2018 ini juga makin meriah dengan peluncuran buku 'Mitos & Fakta Sarapan' yang disusun oleh PERGIZI PANGAN Indonesia yang bekerja sama dengan Nestlé Indonesia. Buku ini dapat di unduh di www.sahabatnestle.co.id mulai tanggal 7 Maret 2018 ini mengulas sarapan dari berbagai sisi, mulai dari waktu yang tepat untuk sarapan, menu yang direkomendasikan untuk sarapan hingga hubungan sarapan dengan berat badan. Lengkap banget yah di website ini dan pastinya sangat membantu para ibu seperti aku. Setelah selesai acara conferensi press kita di hibur dengan penampilan dari Naura.

Intinya Nestlé membuat acara Ayo Bangun Indonesia ini merupakan wujud komitmen Nestlé untuk senantiasa meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan berkontribusi untuk masa depan Indonesia yang lebih sehat. Memang yah kadang sarapan buat anak-anak agak sulit tapi dengan adanya sereal dari Nestlé yang dilengkapi dengan susu dancow sangat memudahkan para ibu.
Sarapan favorit Haidar

Seperti Haidar misalnya kalau pagi dia belum mau makan berat jadi aku mensiasatinya dengan sereal dari Nestlé ini. Dengan rasa nya yang enak membuat Haidar suka dan aku tidak khawatir lagi dengan kebutuhan sarapan Haidar. Mulai sekarang yuk kita jangan lupa sarapan sebelum jam 9 untuk mewujudkan Indonesia yang lebih sehat dan maju.


27 komentar:

  1. Pagi² sarapan sereal nestle bikin hari lebih energic dan semangat ya. Hihi

    BalasHapus
  2. J berikutnya versi mpo adalah jembatan kasih sayang, dengan sarapan maka makin erat ngobrol Di meja sebelum makan

    BalasHapus
  3. Ohh..dapet kaos ya..saya ga sempet mampir ke stand2 nya. Hahahaha
    Tapi memang sarapan itu penting sebagai penyempurnaan penerapan gizi seimbang

    BalasHapus
  4. ini kesukaan anak-anak banget ya emaaaang

    BalasHapus
  5. Ak juga suka banget sarapan sereal. Hihii.. praktis dan sehat.

    BalasHapus
  6. Wahh..acaranya seru ya. Sayang saya ga bisa hadir krn pas ada undangan di kota lain. Semoga event selanjutnya bisa ikut seseruan, apalagi nestle coco crunch dan milo itu favorit anak2. Makasih tuk sharing infonya ya.

    BalasHapus
  7. Wah kemarin ikutan jg ya.. ga ketemu dunk Kita..

    BalasHapus
  8. Uhuiii keren bgt program #AyoBangunIndonesia by Nestle ini yaaa

    BalasHapus
  9. masih banyak yang malas ya untuk.sarapan pagi. Padahal sarapan justru penting ya. Akh enak anak2 sekarang ya terakomodir produk2 yang baik untuk sarapan bergizi yang praktis dan bergizi

    BalasHapus
  10. Koko Crunch, aku juga suka banget mbak Sadewi 😋👌

    BalasHapus
  11. aku suka sereal nestle , ponakanku juga suka...

    BalasHapus
  12. Klo ga sarapan saya suka pusing sama lemes kak jd sebisa mungkin sebelum jam 9 sarapan dulu hehe.

    BalasHapus
  13. Sarapan afalah hal penting untuk memulai hari, 1/4 asupan harian ada pd sarapan ya kak

    BalasHapus
  14. waaa.. makanan kesukaan aku di waktu pagi, emang enak dan bergizi banget

    BalasHapus
  15. Haidaaaaarrr.. Sarapannya sehat amatttt.. pisang, sttoberi, oat, susuuuu. Betul emang, sarapan itu penting untk kecerdasan otak. Dan 6J itu kudu banget diterapkan. Duh, semoga anakku terbiasa dg sarapan. Kalau sekarang, J terakhir masih susyeeee diterapkan

    BalasHapus
  16. Aku pernah nih skip sarapan. Dan dampaknya gak asik banget. Kleyengan sampe sore loh.

    BalasHapus
  17. ini sarapan favorit anak2 di rumahhh...

    BalasHapus
  18. Koko krunch enak, aku juga suka disantap untuk sarapan

    BalasHapus
  19. Cemilan itu, tap kadang-kadang jadi sarapan juga sih, hahaha

    BalasHapus
  20. Ini kesukaan anakku neh. Tiap 2 minggu aku kirim beberapa box.

    BalasHapus
  21. Sajian yang emanrik memang menambah rasa lahapnya makan ya mbak... hehe

    BalasHapus
  22. Aku juga sering beli sereal Nestle yang mangkok gitu, soalnya praktis udah ada susunya juga, jadi tinggal cari air panas.

    BalasHapus
  23. ngomongin soal sarapan, aku juga bau sadar sarapan itu penting ya beberapa tahun belakangan ini. dulu tiap disuruh sarapan nggak mau, alesannya takut kebelet pup dijalan hehe

    BalasHapus
  24. Aki kadang suka nyepelein sarapan, pdahal anaknya gak tahan lapar. Haidar suka koko crunch ya, aku juga suka mba selain enak nutrisinya baik buat badan. Mulai skrg harus lbh aware nih msalah sarapan.

    BalasHapus
  25. Wadduuhhhh,... koko crunch plus milo itu menggiurkan. Aku mau...

    BalasHapus
  26. Waaah kalau Koko Crunch emaaang enaaak bocils pada suka, bapaknya juga kadang mau hihi

    BalasHapus
  27. Sarapan yang populer adalah nasi lemak. Tanpa makanan ini, banyak orang tidak tahu harus makan apa.

    BalasHapus