Jumat, 23 Februari 2018

MASA DEPAN DIPENGARUHI OLEH 1000HPK

Setelah kehilangan anak pertama aku jadi lebih award dengan kehamilan kedua. Dari awal merencanakan kehamilan, hamil dan melahirkan aku berusaha memberikan yang terbaik untuk si kecil. Awalnya aku egois karena tidak suka minum susu dan vitamin, tapi di awal perencanaan kehamilan kedua ini aku mulai minum susu dan vitamin untuk kesehatan aku dan janin yang ada di dalam rahim aku.

Kehamilan kedua ini aku benar-benar tidak mengalami mual dan ngidam sama sekali seperti umumnya wanita hamil. Bahkan aku bisa makan apa saja di kehamilan kedua ini. Awalnya aku tidak doyan sayur dan buah tapi di saat hamil anak kedua ini aku tiba-tiba doyan makan sayur dan buah.
Bahkan akupun mengkonsumsi minyak ikan di usia 7bulan kehamilan aku.
30 september 2012 Haidar lahir ke dunia

Singkat cerita anak kedua aku yang aku berinama Haidar Ali Mulyadi ini lahir dengan normal dan selamat pada tanggal 30SPKI.hehehe. Yah di tanggal 30 September 2012 pukul 08:30 Haidar lahir kedunia. Saat itu aku mencoba mengurus Haidar bersama mama aku tanpa bantuan pengasuh. Bersyukurnya lagi walaupun aku seorang wanita karier tapi aku sanggup memberikan Haidar ASI Eksklusif selama 6bulan dan bahkan berlanjut sampai 2tahun.

Selain ASI aku juga selalu memberikan imunisasi lengkap untuk Haidar dan di usia nya yang sudah 5tahun ini Haidar sangat aktif dan mudah menghafal apabila di ajarkan pelajaran membaca. Serta diapun tumbuh menjadi anak yang aktif dan selalu ceria. Bersyukurnya lagi Haidar jadi jarang terkena penyakit dan daya tahan tubuh nya cukup kuat yang kadang Haidar masih aku berikan kebebasan untuk mandi hujan, minum es, makan permen dan chiki tapi dalam batasan yang wajar.

Bahkan kemarin pun Haidar sudah aku berikan suntik difteri tahap 1 dan tahap 2 karena sebagai Ibu tentunya aku ingin memberikan yang terbaik untuk Haidar. Lebih baik kita mencegah bukan daripada mengobati. Tapi untuk masalah makanan Haidar masih suka pilih-pilih makanan, dia hanya suka makan beberapa jenis buah, sayur dan protein nabati. Kadang aku berfikir apakah sudah memenuhi gizi untuk Haidar atau belum makanan yang dia makan...
Narasumber yang hadir di acara NUB

Bersyukurnya kemarin hari Selasa, 20 Februari 2018 aku mendapatkan undangan dari Nutrisi Untuk Bangsa (NUB) untuk memperingati hari gizi yang membahas tema "Memberikan Gizi Terbaik di 1000 Hari Pertama Kehidupan". Acara ini dihadiri oleh beberapa media dan para blogger dengan narasumber :

  1. Prof. Dr. Endang L. Achadi, MPH, Dr.PH
  2. DR. Dr. Yustina Anie Indriastuti, MSc, SpGK
  3. Dr. Tirta Prawita Sari, MSc, SpGK


Acara yang berlokasi di Hotel Santika, Taman Mini Indonesia Indah ini dimulai pada pukul 10.00. Sebelum acara dimulai kita diharuskan registrasi terlebih dahulu. Setelah registrasi kita bisa berfoto booth dan mengecek kesehatan kita. Mulai dari berat badan, tinggi badan, anemia bahkan sampai cek kadar lemak di dalam tubuh kita. Bahkan ada arena bermain untuk si kecil apabila kita membawa si kecil di acara ini. Jadi kita fokus mendengarkan dan mendapatkan ilmu si kecilpun senang di arena bermain.
Sambutan dari Bapak Arief Mujahidin

Tepat pukul 10.00WIB acara di mulai. Akan ada beberapa sesi acara kali ini yaitu sesi talkshow, sesi tanya jawab, demo masak dan di akhiri dengan foto bersama dan makan siang bersama. Acara pertama adalah sambutan dari Bapak Arief Mujahidin dari Danone Indonesia. Dalam sambutan nya beliau mengajak kita agar dapat terus menyebarkan kebaikan tentang penting nya nutrisi yang cukup dan baik di 1000HPK. Walaupun sudah banyak yang tau tentang 1000HPK tapi tidak ada salahnya kita tetap mengingatkan kepada masyarakat sekitar.
Prof Endang

Setelah sambutan dari Bapak Arief kita langsung memasuki sesi talkshow yang di awali dengan talkshow dari Prof. Endang. Menurut Prof. Endang janin terbentuk di usia 8minggu pertama kehamilan. Tapi kadang kita baru mengetahui kehamilan setelah lewat dari 8minggu sehingga di awal pembentukan nya kita tidak memberikan nutrisi yang baik untuk janin.
Jadi sebaiknya apabila kita merencanakan kehamilan sebaiknya setelah masa menstruasi kita harus memberikan asupan yang bernutrisi seperti susu persiapan kehamilan dan vitamin.

Karena kita tau 1000HPK itu dimulai dari 9bulan di dalam kandungan dan 2tahun pertama kelahiran. 1000HPK ini sangat penting karena apabila tidak dilalui dengan baik maka akan berakibat pada kecerdasan dan kesehatan yang permanen dan akan terjadi di dua generasi berikutnya. Akibat jangka panjang nya adalah :

  1. Kecerdasan / kemampuan kognitif nya rendah
  2. Stanting
  3. Resiko tinggi menderita PTM (Penyakit Tidak Menular) seperti : diabetes, jantung, stroke dan hipertensi.


Kita tidak mau kan mempunyai anak Stunting. Stunting adalah tubuh yang lebih pendek dari anak seusianya. Kadang kita suka bilang dan beralibi kita pendek karena keturunan padahal tidak ada yang namanya keturunan pendek kita bisa merubahnya dengan memperbaiki nutrisi di 1000HPK. 4 dari 10 orang di Indonesia menderita Stunting dan Indonesia menduduki posisi ke5 dengan jumlah stunting terbanyak di dunia.

Apa hubungan nya gizi / nutrisi dengan stunting? Karena kalau anak kekurangan gizi kronis secara terulang dan menderita penyakit inveksi maka otomatis pertumbuhan tulang dan organ tubuh lainnya menjadi terhambat. Tapi kita dapat melakukan berbagai upaya agar tidak terjadi stunting yaitu dengan memperbaiki gizi dan nutrisi di 1000HPK.

Sebaiknya sebelum hamil kita bisa memperhatikan beberapa hal, yaitu:

  • Upayakan Tidak Hamil Saat Usia Remaja, karena pertumbuhan remaja putri belum selesai seperti tinggi badan, berat badan dan lingkar pinggul.
  • Status Gizi Ibu Baik, tidak kurang energi kronis dan tidak obesitas.
  • Tidak Anemia
  • Menerapkan Pola Makan Bergizi Seimbang
  • Pola Hidup Bersih dan Sehat


Ketika hamil pun kita harus memperhatikan beberapa hal, yaitu :

  • Asupan Makan Bumil Adekuat, Pola makan dengan gizi seimbang dan hilangkan pantangan makanan saat hamil.
  • Pertambahan Berat Badan Selama Hamil Baik
  • Mendeteksi Dan Mencegah Penyakit Bumil, Anjuran ANC sesuai standar, Imunisasi TT, Anjurkan minum TTD 1tablet setiap hari, Pola hidup bersih dan sehat serta pola makan Gizi Seimbang.


Untuk ibu menyusui kita juga harus memperhatikan beberapa hal, yaitu :

  • Asupan Makan Busui Adekuat, pola makan bergizi seimbang, hilangkan memantang makanan, anjurkan minum TTD 1 tablet setiap hari semasa nifas.
  • Bagaimana Mencegah Penyakit Busui, pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir setelah buang air, meyiapkan makanan dan sebelum menyusui si kecil, pakai alas kaki dan pola makan Gizi Seimbang.


Sedangkan untuk bayi di usia 0-6 bulan ASI adalah makanan yang bergizi seimbang dan berikan imunisasi untuk mencegah penyakit pada bayi. Tapi setelah 6bulan lebih ASI tidak lagi menjadi nutrisi yang terbaik buat bayi karena mereka membutuhkan makanan tambahan sesuai dengan usianya dan ASI hanya sebagai pendamping.

Kira-kira kita sudah memberikan gizi seimbang atau belum yah di 1000HPK anak kita? Gizi seimbang itu apa sih?
Menurut Kemenkes RI, 2014, Gizi Seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman makanan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih dan mempertahankan berat badan normal untuk mencegah gizi kurang dan gizi lebih.

Makanan yang kita konsumsi sudah memenuhi gizi seimbang apabila di dalam nya masuk kriteria sebagai berikut :

  • Cukup secara kualitas dan kuantitas
  • Mengandung berbagai zat gizi (energi protein, vitamin dan mineral) yang diperlukan oleh tubuh
  • Menjaga kesehatan, melakukan aktivitas, dan fungsi kehidupan sehari-hari bagi semua kelompok umur

Kita dapat menyusun menu yang akan kita konsumsi agar mencukupi gizi seimbang.
Dari 7pilar tumpeng makanan gizi seimbang setidaknya harus ada 4pilar di dalam makanan kita.

Bagi Bumil dan Busui memerlukan tambahan energi 180-400 kkal serta 20gram ekstra protein perhari agar kebutuhan zat gizi janin dan bayi terpenuhi, dan yang tak kalah penting zat besi dan asam folat agar janin dan bayi tumbuh sehat. Mengapa zat besi dan asam folat penting bagi bumil?

  • Zat besi dibutuhkan bumil sebagai persiapan menghadapi persalinan
  • Zat besi dibutuhkan bumil sebagai penghantar oksigen yang dibutuhkan agar metabolisme berjalan baik
  • Zat besi dibutuhkan oleh janin untuk pertumbuhannya dan sebagai persiapan cadangan zat besi saat ia lahir hingga usia 6bulan
  • Asam folat diperlukan untuk perkembangan otak janin dan neural tube janin untuk mencegah terjadinya kecacatan
Sedangkan pada bayi baru lahir bagaimana kita memberikan gizi seimbang? Nah untuk bayi baru lahir sampai dengan usia 6bulan ASI adalah satu-satunya makanan terbaik bagi bayi. Tapi setelah 6bulan kita harus memberikan makanan tambahan untuk bayi kita guna memenuhi kebutuhan zat gizinya. Kita harus memberikan MP-ASI setelah bayi kita berusia 6bulan karena ASI sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan bayi kita.

Dalam memberikan MP-ASI kita harus mempunyai beberapa prinsip, yaitu:

  • ASI Eksklusif selama 6 bulan pertama
  • Pemberian ASI sesering dan sekehendak bayi
  • Pemberian makanan yang responsif
  • Perilaku bersih
  • MP-ASI mulai di usia 6bulan, tingkatkan jumlah nya secara bertahap
  • Tingkatkan konsistensi dan variasi secara bertahap
  • Tingkatkan frekuensi pemberian makan
  • Berikan makanan yang tinggi kandungan zat gizinya
  • Gunakan makanan yang difortifikasi
  • Tingkatkan pemberian cairan pada saat anak sakit
Jumlah makanan anak dan bayi satu dan yang lainnya berbeda tergantung dengan jumlah energi yang dibutuhkan oleh bayi dan anak tersebut. MP-ASI yang baik adalah yang kaya akan zat gizi, mudah di makan anak, tidak berbumbu tajam (asin), disukai anak dan berbasis pangan lokal. Di dalam MP-ASI kita bisa menambahkan sedikit lemak misalnya dengan menumis sayuran dengan sedikit butter. Sedangkan protein lebih baik protein hewani karena mengandung lebih banyak protein dibanding dengan protein nabati. 

Untuk mengetahui apakah MP-ASI kita sudah memenuhi kebutuhan gizi si kecil apa belum kita bisa memantau pertumbuhan berat badan, tinggi badan bayi kita setiap bulan nya. 

Syukurnya Haidar selama dalam kandungan dan sampai usia 2tahun dia selalu mengalami pertumbuhan. Aku sih yakin dan percaya Haidar telah terpenuhi zat gizi nya sambil aku terus belajar memberikan makanan yang bergizi seimbang setiap harinya.

Setelah sesi talkshow lanjut dengan sesi Q & A para peserta yang hadir dan juga dari sosial media. Setelah acara Q & A acara dilanjutkan dengan cooking class bagaimana cara membuat menu yang sehat dan mengandung gizi seimbang oleh pemenang cooking class dari danone dan chef yudha. Makanan dan minuman yang dibuat sangat mudah dan pastinya sehat karena terbuat dari buah dan sayur tanpa tambahan gula. Setelah acara cooking class selesai kami pun bisa mencicipi masakan dan minuman yang dibuat.

Setelah mencicipi makanan kami berfoto bersama dan di akhiri dengan makan bersama. Hari ini aku benar-benar memdapatkan ilmu yang sangat bermanfaat di acara NUB ini. Aku berharap acara NUB ini akan terus dilakukan agar kita sebagai orang tua lebih paham lagi tentang gizi si kecil dan mendapatkan ilmu yang sangat berharga serta kita bisa menyebarkan ke masyarakat luas agar tidak ada lagi anak-anak yang kekurangan gizi nya di 1000HPK. Karena untuk mewujudkan Indonesia maju kita harus mulai dengan kesehatan anak-anak Indonesia dengan gizi seimbang.


32 komentar:

  1. Dulu, saat hamil kedua, aku juga gak pernah mual. Beda banget pada waktu hamil pertama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap kehamilan memang unik yah mba punya keistimewaan masing2

      Hapus
  2. Aku juga dulu ASI eksklusif sampe 6bln dn lanjut 2tahun, dan memang ASI gizi yang paling sempurna selain sufor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sekali bun karena ASI makanan terbaik bagi bayi sampai usia 6bulan

      Hapus
  3. Pengalaman adalah guru terbaik, sihmoga kita bisa menjaga asupan gizi anak ya, biar ga terjadi stunting pada anak kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bun dari pengalaman kita jadi lebih award

      Hapus
  4. Kadang Kita harus sedih dulu ya mba, baru Allah kasih kebahagiaan liar biasanya dibalik itu semua.. dan Insha bisa jadi pelajaran setelahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba allah memberikan kebahagiaan yang luar biasa aku mempunyai Haidar

      Hapus
  5. Salah kaprah soal gizi terbentuk dari oranh tua. Kita sendiri juga meniru pola dari orang tua. Utk itu dengan memahami gizi lebih baik smoga rantai gizi buruk dapat teratasi ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba oleh karena itu acara seperti ini sangat penting bagi para orang tua

      Hapus
  6. Wahhh baru tahu nih, 1000 HPK harus disiapkan dengan penuh perhatian ya. Thanks For Sharing mbaaa

    BalasHapus
  7. NUB memang konsisten ya mengedukasi, bagus banget ga hanya jual produk. tapi juga edukasi masyarakat.

    BalasHapus
  8. Nice info nih mbak, buat saya kedepan

    BalasHapus
  9. Penting bangetnya jaga nutrisi dan stimulasi pada periode 1000 HPK.

    BalasHapus
  10. 1000 hari pertama harus bner-benar diperhatiin ya gizi si kecil, untuk menentukan proses tumbuh kembangnya nanti, jangan sampai terkena resiko kendala pertumbuhan baik fisik ataupun syarafnya.

    BalasHapus
  11. Memang bener ya, anak ASI itu lebih gak gampang sakit dibanding anak Sufor. Alhamdulillah anakku krn ASI jadi jarang sakit.

    BalasHapus
  12. walaupun aku belum pernah merasakan punya anak, setidaknya informasi dapat aki gunakan kelak. makasi ya, sangat mengedukasi sekali.

    BalasHapus
  13. 1000 hari pertama itu menentukan segalanya ya. Hasilnya akan terlihat pas ABG deh. Jadi memang mesti aware dari pada kita akan menghadapi hal2 yang tidak kita inginkan ya kak.

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah ya aku juga hamil pertama dan kedua tidak mual, dan betul sekali 1000 HPK itu menentukan segalanya jadi sangat penting memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

    BalasHapus
  15. 1000 HPK akan berpengaruh pada kelangsungan hidup di masa mendatang

    BalasHapus
  16. Wah, aku baru tau kalau yang terpenting itu sampai usia 2 tahun, aku pikir cuma berapa bulan - 1 tahun. Haha.

    BalasHapus
  17. Pas banget yah 30 SPKI. Jadi gampang buat inget-ingetnya. 😅

    BalasHapus
  18. Emang 1000 hari pertama ini penting banget buat masa depan anak, semoga kita bisa berikan yg terbaik untuk buah hati kita aamiin.

    BalasHapus
  19. Aku pernah belajar kayak gini, tapi begitu punya anak lupa deh. Anakku udah lewat 1000HPK, tapi mudah2an gizinya adekuat untuk melalui hari2 berikutnya di kehidupannya. Aku baru tau dan rada khawatir ttg cikal-bakal PTM di 1000HPK. Mudah2an anak2 kita sehat terus ya, mbak. Aamiin

    BalasHapus
  20. Wahhh, alhamdulillah, nampaknya Ibuku sesuai standar kesehatan deh mengurusku, hehehe...

    BalasHapus
  21. iya masa 1000 hari pertama emang banget buat pertumbuhan bayi...ngerasain aku punya 3 anak hihi

    BalasHapus
  22. ASI sangat penting untuk bayi karena untuk otak, sedang susu formula untuk otot oleh karenanya bayi dengan banyak susu formula lbh gemuk

    BalasHapus
  23. 1000 HPK penting banget ya untuk masa depan anak

    BalasHapus
  24. waktu lahiran anakku, sempet denger soal 1000HPK apalagi posternya dipasang gede di puskesmas langganan, jadi selama 1000 hari itu aku usahain the best untuk anakku termasuk urusan ASI

    BalasHapus
  25. Saya baru tahu ada 1000HPK, terima kasih infonya. Ternyata 9 bulan berada dikandungan juga dihitung ya..?

    BalasHapus
  26. Suka ngiri deh sama wanita karier tapi masih bisa memberi ASI ekslusif, hebat banget wi bisa sampe 2 tahun. Aku malah yg bukan wanita karier cuma 3 bulan aja anakku dua2nya.... Itu lah salah satu rezeki dan berkah dari Allah SWT. Semoga sehat teeus buat anaknya yaaa....

    BalasHapus